Inilah Makna Logo Baru Sumpah Pemuda Ke-92 Tahun 2020

logo-sumpah-pemuda.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Logo baru hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020 resmi diperkenalkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainuddin Amali, Kamis, 1 Oktober 2020.

Pada logo tersebut, terdapat dua insan saling terhubung yang mengambarkan semangat persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia yang aktif dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia pada hari Sumpah Pemuda ke-92.

Perpaduan warna beragam melambangkan Indonesia dengan berbagai agama, suku, ras dan bahasa.

Warna biru melambangkan lautan, sedangkan warna hijau melambangkan hutan atau pertanian Indonesia sebagai salah satu kekayaan sumber daya alam negeri.

Zainuddin Amali memberikan penjelasan tentang makna dari logo tersebut.

"Konsep logo yang dibuat seakan menyambung dan tidak terputus melambangkan semangat persatuan dan kerjasama untuk melawan Covid-19. Pada font Sumpah Pemuda, memiliki kesan tegas sebagai salah satu sifat pemuda yang energik dan aktif," ucap Menpora dikutip RIAUONLINE dari kemenpora.go.id, Rabu, 28 Oktober 2020.

Zainuddin Amali juga meminta peranan pemuda milenial yang hingga saat ini masih dibutuhkan.

"Sebagai bangsa yang besar, kita harus siap. Saya kira peranan pemuda sampai sekarang masih terus dibutuhkan. Anak muda kita harus bisa berinovasi, kreatif menyambut masa yang akan datang," tambah Zainuddin.

Zainuddin juga berpesan pada hari sumpah pemuda ini, 28 Oktober 2020, pemuda dan pemudi Indonesia bangkit dan tidak bercerai berai.

"Saya berpesan agar pemuda kita bersatu dan bangkit, tidak ada bercerai berai, semangat persatuan sudah mutlak dan tidak dapat ditawar lagi, harus bersatu dan bergotong royong," pungkasnya.