Pekanbaru-Kampar Dominasi Tambahan Kasus Covid-19

mimi-nasir.jpg
(wayan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau pada Senin 19 Oktober 2020 didominasi Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Pasalnya dari 197 kasus, sebanyak 118 kasus berasal dari kedua daerah bertetangga tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, jumlah tambahan kasus terkonfirmasi positif di Kota Pekanbarh mencapai 65 kasus. Jumlah tersebut turun drastis dibanding beberapa hari terakhir. Hingga kini akumulasi penularan covid-19 di Kota Pekanbaru mencapai 5961 kasus.

"Jika dilihat dari data sebelumnya, memang terjadi penurunan kasus di Kota Pekanbaru. Sementara di Kabupaten Kampar justru terjadi lonjakan kasus, hari ini tercatat 53 kasus terkonfirmasi positif merupakan warga Kampar," ungkap Mimi.

Kemudian tambahan kasus di Rokan Hilir mencapai 14 kasus, Indragiri Hilir 12 kasus, Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 11 kasus dan Kota Dumai 10 kasus. Sedangkan di kabupaten lainnya, tambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 kurang dari 10 kasus.

Seperti Kabupaten Siak hanya tercatat tambahan 9 kasus dan Kabupaten Bengkalis 7 kasus. Sisanya yaitu Kabupaten Pelalawan 6 kasus, Kepulauan Meranti 6 kasus dan Indra Hulu 4 kasus. Sedangkan di Kuantan Singingi tidak terjadi penambahan kasus.

Kabar baiknya, sebanyak 521 pasien dinyatakan sembuh dan telah dipulangkan. Sehingga dari akumulasi 11.834 kasus di Riau, sebanyak 7484 diahtaranya telah sembuh.

"Sedangkan yang masih menjalani isolasi mandiri sebanyak 2.956 orang, kemudian yang dirawat di rumah sakit sebanyak 1.127 pasien. Kabar dukanya hari ini terdapat penambahan 4 pasien yang
dinyatakan meninggal dunia karna Covid-19. Sehingga total pasien meninggal mencapai 267 orang," jelas Mimi.