Pecandu Narkoba Tidak Bisa Sembuh Tapi Bisa Pulih

Pemusnahan-narkoba3.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Proses rehabilitasi pecandu narkoba merupakan sebuah langkah untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba. Banyak orang yang sudah terlanjur terjerumus dalam belenggu narkoba punya keinginan kembali hidup normal.

Dalam proses rehabilitasi yang dilakukan tidak hanya membantu mereka untuk berhenti, tetapi untuk membantu mereka mengenali dirinya sendiri.

Setiap orang memiliki faktor berbeda untuk kambuh karena biasanya juga memiliki alasan berbeda pula saat menggunakan narkoba.

“Orang pakai narkoba karena ada masalah tetapi yang sering ditemui mereka tidak paham masalah mereka sendiri apa, ini yang coba kita bantu untuk mengidentifikasi diri mereka,” jelas konselor adiksi, Ismi.

Ketika sudah bisa mengidentifikasi masalah dan mengetahui kemampuan untuk menyelesaikan masalah, maka akan lebih mudah dalam mengendalikan diri agar tidak kambuh.

“Pecandu narkoba itu tidak ada kata sembuh tetapi yang ada pulih,” tegasnya.

Jika seorang pecandu narkoba punya keingunan berhenti bisa mengatahui alasan ia menggunakan narkoba maka akan lebih mudah dalam mengendalikan dirinya.

"Pecandu akan lebih mudah untuk sengaja menghindar dari hal-hal yang akan membuatnya kambuh jika tau alasannya," katanya.