BNNP Musnahkan 11,8 kilogram Sabu, 10 Kilo di Antaranya Hasil Tangkapan AL

Kepala-BNN-Riau.jpg
(istimewa)

Laporan: RAHMADI DWI

 

RIAUONLINE, PEKANBARU-Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau memusnahkan narkotika jenis sabu seberat 11,8 kilogram, di halaman kantor BNNP Riau, Kamis, 24 September 2020.

 

Pemusnahan narkotika dilakukan di halaman Kantor BNNP Riau, Jalan Pepaya, dengan menggunakan mesin inseminator, petugas membakar 11,8 kilogram sabu serta 500 butir pil ekstasi.

 

Pemusnahan narkotika ini dari 4 jaringan yang berbeda. Salah satu tangkapan terbesar yakni pengungkapan peredaran sabu yang dilakukan oleh Pangkalan Angkatan Laut Dumai sebanyak 10 kilogram narkotika jenis sabu.

 

Kepala BNNP Riau, Brigjen Kenedy, mengungkapkan, penangkapan narkoba yang dilakukan oleh pihak Lanal Dumai merupakan jaringan internasional, saat ini bandar narkotika berada di malaysia dan petugas sudah mengantongi identitas pelaku.

 

"Yang jelas ini jaringan internasional, untuk bandarnya berada di Malaysia, dan kami sudah mendapatkan namanya," Kata Brigjen Kenedy 

 

Kepala BNNP Riau, menambahkan, modus yang digunakan pelaku menggunakan kapal speedboat di wilayah perairan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia dengan mempekerjakan nelayan untuk menjadi kurir sabu.

 

"Modusnya mengelabui petugas dengan menggunakan nelayan-nelayan kecil menjadi kurir sabu dengan diimingi upah yang besar," ucap Kenedy.

 

Selanjutnya, petugas masih melakukan pengejaran terhadap bandar narkoba yang sudah dikantongi identitasnya oleh petugas.