Anak Muda Jangan Anggap Remeh, 16 Pasien Covid-19 Meninggal di Usia Belia

Pemakaman-pasien-corona.jpg
(istimewa)

Laporan LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Setelah sempat tidak ada penambahan kasus kematian karena covid-19 pada Selasa 22 September 2020 lalu, jumlah pasien meninggal dunia karena Covid-19 justru melonjak pada Rabu 23 September 2020.

Bahkan jumlahnya mencapai 11 pasien dalam satu hari.

Tambahan 11 pasien tutup usia karena Covid-19 tersebut menambah daftar pasienk meninggal karena Covid-19 mencapai 117 orang.

Meski pada umumnya pasien ini berusia diatas 40 tahun, ternyata 13,6 persen di antaranya justru berusia muda.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir merinci setidaknya terdapat 16 pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang meninggal dunia.

Bahkan dua di antaranya masih berusia di bawah lima tahun (balita).

"Pasien yang meninggal dunia karena terkonfirmasi positif covid-19 ada 16 orang yang berusia di bawah 40 tahun. Dua di antaranya balita, 1 remaja dan 13 lainnya berusia antara 18-40 tahun," ungkap Mimi.

Untuk itu Mimi menghimbau warga agar tidak meremehkan penularan Covid-19. Apalagi sampai enggan memakai masker dan tidak mau menjaga jarak ketika berkumpul dengan rekan-rekan.

Pasalnya banyak kasus justru baru diketahui setelah hasil swabnya keluar atau orang tanpa gejala (OTG).

Sehingga menjaga jarak dan tetap memakai masker merupakan langkah pencegahan penularan Covid-19.

"Apalagi banyak pasien yang isolasi mandiri tidak yang tidak menjalankan protokol kesehatan. Sehingga terjadi transmisi pasien isolasi mandiri. Ini terjadi karena pasien merasa bebas jika di rumah," terangnya.