Tiga Program Dinas Ketahanan Pangan di Era New Normal

alek-kurniawan.jpg
(muthi)

Laporan : Muthi Haura

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki Era New Normal, Dinas Ketahanan Pangan miliki tiga program yang sedang berjalan dan akan berjalan kedepannya. Dua program dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dan satu program bantuan langsung dalam bentuk pangan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Alek Kurniawan mengatakan, program pertama yang sedang berjalan, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

KRPL sasarannya kelompok wanita tani atau kelompok wanita. Jadi, Dinas Ketahanan Pangan mengajak istri petani atau emak-emak agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk produksi pertanian. Bukan hanya holtikultura saja, tapi juga perikanan.

"Harapannya pekarangan rumah bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka. Bersyukur mana tau bisa menambah ekonomi keluarga," katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 21 September 2020.

Untuk program pertama, KRPL ini sudah terdaftar 111 anggota dan dibina langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan. Program kedua, Kawasan Mandiri Pangan.

Kawasan Mandiri Pangan ini sasarannya kelompok tani yang saat ini sudah 300-an lebih anggota. Untuk Kawasan Mandiri Pangan, selain dibina Dinas Ketahanan Pangan, juga dibina oleh Dinas Pertanian dan Perikanan.

"Kita juga bekerja sama. Namanya Pemerintah Kota kan satu kesatuan."

Alek juga mengatakan, program ketiga merupakan bantuan langsung. Ini baru dianggarkan.

"Alhamdulillah dapat dana untuk Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD)," ujarnya.

Untuk bantuan langsung ini, memang lebih fokus ke beras dan sudah ditetapkan kota-kotanya.

"Pekanbaru sendiri mendapatkan CPPD ini 412 ton, sampai sekarang memang belum ada, baru mau dianggarkan di APBD Perubahan," tutupnya.