Ini Alasan Isentif Prakerja Gagal Cair

prakerja.jpg
(instagram)

Laporan: DEFRI CANDRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan peserta kartu Prakerja mengeluh soal dana Insentif Rp600 ribu belum cair.

Perlu diketahui, insentif prakerja didapatkan usai para peserta menyelesaikan kelas 100 persen dan memberi ratting dan komentar pada dua platform prakerja.

Dari pantauan RIAUONLINE.CO.ID terhadap Instagram resmi Prakerja, @prakerja.go.id, ratusan peserta menanyakan alasan kenapa insentif gagal cair padahal sudah menyelesaikan kelas.

"Peserta akan menerima insentif pelatihan jika telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan, telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan, dan telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet," tulis akun di situs resmi prakerja, www.prakerja.go.id.

Tati, warga jalan Lumba-lumba merasa heran kenapa isentif prakerja belum cair.

"Kelas susah saya selesaikan, memberi ratting sudah, akun ovo sudah diupgrade, tapi kenapa gagal cair. Harusnya cair hari ini," ucap Tati dengan nada kesal.

Perlu diketahui, Insentif para peserta Prakerja juga bisa gagal dicairkan apabila belum memenuhi 5 persyartaan, dan kelima persyaratan itu di antaranya:

- Belum mengisi ulasan pada Lembaga Pelatihan

- Belum memberikan penilaian terhadap Lembaga Pelatihan

- Nomor rekening atau akun e-wallet yang kamu daftarkan pada Kartu Prakerja tidak aktif

- Akun e-wallet kamu belum di-upgrade atau melakukan KYC (verifikasi KTP dan swafoto)

- Data KTP dan swafoto yang didaftarkan pada e-wallet tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja.

Jadi kepada para peserta kartu prakerja yang merasa gagal dalam pencairan isentif, silahkan cek kembali 5 persyartan di atas.