Gedung Uniks Kuansing Disiapkan Jadi RS Darurat

rsud-kuansing.jpg
(robi)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Gedung Universitas Islam Kuantan Singingi (Uniks) berada di jalan jalur dua Beringin, Kecamatan Kuantan Tengah, disiapkan untuk Rumah Sakit (RS) darurat penanganan pasien Covid-19.

Gedung tersebut disiapkan menyusul terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kuansing. Sementara ruang isolasi dan rawat di RSUD Teluk Kuantan terbatas hanya bisa menampung 16 pasien.

"Rencana gedung bagian depan untuk rektorat ini kita gunakan untuk tempat kasus positif tanpa gejala, dan kapasitas bisa menampung 150-200 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Kabupaten Kuansing, Agusmandar, Kamis, 10 September 2020.

Sebelumnya, Pemkab Kuansing rencana akan menggunakan bangunan GOR Sport Center untuk tempat isolasi pasien tanpa gejala Covid-19.

Namun setelah melakukan koordinasi dengan Polres Kuansing bangunan tersebut dinilai kurang memadai untuk isolasi tahanan terkonfirmasi positif.

"Tidak jadi, kita gunakan gedung Uniks," katanya.

Terkait kondisi gedung Uniks sendiri, disampaikan Agusmandar, gedung ini memiliki fasilitas kamar mandi dan air yang cukup. "Ada 6 tangki di sana dengan kapasitas 6 ribu liter, sekarang menunggu listrik masuk," katanya.

Apabila listrik PLN sudah masuk, kata Agusmandar, maka segera akan disiapkan mulai tempat tidur, kasur, televisi, kompor dan kebutuhan lainnya.

"Khusus untuk tahanan rencana kita siapkan gedung bagian belakang, kalau layak menurut Polres maka akan kita pasang terali," katanya.

Sementara untuk anggaran sendiri, disampaikan Agusmandar, sejauh ini tidak ada masalah. Anggaran katanya, sudah tersedia.

Berdasarkan data terkini, Jumat, 11 September 2020 pukul 08.00 WIB pagi tadi, total jumlah kasus di Kuansing mencapai 86 kasus positif Covid-19, dengan rincian 43 sembuh, 23 isolasi, 19 masih dirawat dan satu meninggal.