Kesadaran Warga Pekanbaru Menggunakan Masker Masih Minim

tidak-pakai-masker.jpg
(defri)

Laporan: DEFRI CANDRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kesadaran sejumlah warga Pekanbaru untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19 masih minim.

Buktinya, mereka masih enggan memakai masker saat melakukan aktifitas olahraga di sekitaran Stadion Utama jalan Naga Sakti.

Padahal Pemerintah Kota Pekanbaru sudah mengeluarkan Perwako Nomor 104 Tahun 2020 tentang pedoman Prilaku Hidup Baru (PHB) masyarakat produktif dan aman dalam pencegahan dan pengendalian covid-19.

"Masker saya tinggal di rumah, lupa bawanya. Padahal sebelum berangkat sudah disiapkan," ucap sukri kepada RIAUONLINE.CO.ID, Minggu 6 September 2020.

Lain lagi dengan jawaban temannya, Ridwan. Ia mengaku sengaja tak memakai masker ketika berolahraga.

"Sengaja tidak pakai waktu olahraga saja, kalau dipakai sesak nafas, tapi kalau hari-hari lain dipakai kok," ucapnya sambil berlari santai di Stadion Utama.

Dari patauan RIAUONLINE.CO.ID memang terlihat jelas sejumlah warga enggan menggunakan masker di tengah meningkatnya pandemi covid-19.

Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sudah mengingatkan warga yang berolahraga disekitar Stadion Utama agar menggunakan masker.

"Jangan lupa pakai maskernya ya," ucap Mantan Bupati Siak ini, Minggu, 30 Agustus 2020 lalu.

Selain itu, Gubri juga mengimbau dan memberikan edukasi singkat manfaat memakai masker. Menurutnya, dengan memakai masker, tak hanya menyelamatkan diri sendiri, tetapi orang lain dari penyebaran covid-19