Tangkal Informasi Hoaks Pilkada Meranti, Polres dan Bawaslu Gelar Sosialisasi

Polres-dan-Bawaslu-Meranti.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, MERANTI- Mewujudkan Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati tahun 2020 yang bersih, Berintegritas dan Martabat, Polres Kepulauan Meranti bersama Bawaslu melakukan sosialisasi pada hari Sabtu, 5 September 2020 sekitar pukul 13.30 wib.

Kapolres Meranti Akbp Eko Wimpiyanto H, S.I.K mengatakan, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk mempersiapkan pengamanan dalam pemilihan kepala daerah diwilayahnya.

"Bahwa saat ini kita telah memasuki pesta demokrasi yang mana saat ini wilayah Kabupaten Kepualauan Meranti sedang melaksanakan Tahapan Pilkada serentak tahun 2020. Dalam hal tersebut Polres Kepulauan Meranti telah menyiapkan pengamanan untuk tahapan Pilkada serentak tahun 2020 ini agar dapat berjalan dengan aman dan kondusif," Jelasnya.

Ia berharap kepada tim sukses Paslon dan Elemen masyarakat agar tidak memberikan ataupun menyebarkan informasi-informasi yang belum tahu kebenarannya.

"Kami harapkan kepada tim sukses Paslon dan Elemen masyarakat agar dalam memposting sebuah berita harus di konfirmasi dulu kebenarannya agar tidak menimbulkan fitnah maupun unsur sara yang dapat mengganggu situasi kambtibmas dalam tahapan Pilkada serentak tahun 2020 ini," Harapnya.

Demi menciptakan situasi kondusif di Kepulauan Meranti, perwira polisi menengah yang akrab disapa Wimpi ini meminta agar seluruh elemen masyarakat melakukannya bersama-sama.

"Meminta untuk seluruh element kelompok masyarakat untuk mendukung terciptanya situasi yang kondusif," Pintanya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti Syamsurizal S.I.P berharap, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati agar tidak ada unsur paksaan dan iming-iming uang.

"Bawaslu selalu menekankan pada kualitas pemilih agar memilih pasangan yang mencalonkan diri sebagai Bupati maupun Wakil Bupati agar memilih tanpa ada unsur paksaan dan unsur di iming imingi oleh uang," Sebutnya.

Kagiatan sosialisasi yang berlangsung disalah satu Hotel di Meranti ini, dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti yang di wakili oleh Kepala Badan Kesbangpol, Ketua DPRD Kabupaten Meranti, Kajari, TNI, Organisasi Kepemudaan, Organisasi wartawan, Organisasi mahasiswa, para tokoh, serta paguyuban yang ada di Kabupaten Meranti. Dikumpulkan seluruh elemen masyarakat dan instansi ini, guna mengawal secara bersama-sama pemilihan Kepala Daerah serentak pada tahun 2020.

"Tujuan Bawaslu mengumpulkan tamu undangan sekalian untuk sama sama mengawal tahapan pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti ini. Seperti Black Campaign maupun Kampanye yng melibatkan unsur Sara," Jelasnya.

Kegiatan sosialisasi berlangsung hingga pukul 17.00 wib, ditutup dengan penandatanganan deklarasi Pilkada damai.