Mau Operasi Pasien, 8 Tenaga Kesehatan Tertular Covid-19

mimi-kadinkes.jpg
(Lukman)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Daftar tenaga kesehatan yang tertular covid-19 kembali bertambah. Bahkan jumlahnya mencapai 8 orang karena tertular dari pasien yang hendak dioperasi. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rabu (26/8/2020).

Diungkapkan Mimi, kejadian tersebut diketahui terjadi di rumah sakit Arifin Achmad sehari sebelumnya. Salah satu pasien berninisal AS (43) akan menjalani operasi dan dilakukan pengambilan Swab ternyata hasilnya positif.

Akibatnya dokter dan perawat yang berada di ruangan tempat perawatan pasien turut tertular. Begitu juga pasien lain yang ada diruangan tersebut.

“Memang ada pasien yang akan dioperasi ternyata terkonfirmasi covid-19 dari hasil swabnya. Selain itu 8 tenaga kesehatan yang berada di ruangan perawatan juga terpapar. Termasuk 4 orang pasien yang berada dalam satu ruangan," ungkap Mimi.

Untuk menelusuri penularan dari kasus tersebut, saat ini tim medis tengah melakukan tracing. Termasuk pengambilan swab dari kontak erat para pasien.

"Saat ini sudah dilakukan tracing dan pengambilan swab yang kontak erat dengan pasien tersebut. Sehingga bisa diketahui nantinya berapa orang yang tertular, ” jelas Mimi.