Pandemi Covid-19, Begini Cara Warga Pekanbaru Sambut HUT RI KE-75

lomba-kebersihab.jpg
(wayan)

Laporan : WAYAN SEPIYANA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penyambutan hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia (RI) tahun 2020, terlihat cukup berbeda dari tahun lalu.

Tahun ini, masyarakat tidak bisa leluasa membuat acara lomba perayaan HUT ke-75 RI, karena masih dalam suasana Pandemi Virus Covid-19. Sebagaimana aturan protokol kesehatan, masyarakat diminta harus menghindari kontak fisik.

"Kalau sekarang dimasa Covid kita lomba kebersihan lingkungan aja," kata Refli, warga yang tinggal di Jalan Papan, kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 17 Agustus 2020.

Lomba kebersihan lingkungan ini dilaksanakan hanya di RT 003 RW 009 Perumahan Tampan Permai Jalan Taman Karya, Kelurahan Tuah Karya, Tampan.

Refli, menjelaskan, lomba kebersihan hanya di empat kawasan saja, yaitu Jalan Papan, Jalan Beton, Jalan Bata dan Jalan Manunggal.

"Semua masyarakat antusias dan bersemangat untuk melaksanakan lomba kebersihan, dalam menyambut HUT ke-75 RI," ujarnya

Hiasan bendera merah putih, gerbang bercat merah putih, serta hiasan umbul-umbul depan rumah warga.

"Kita juga menanam bunga di pot, ada apotik hidup, taman bunga yang ditanam warga untuk menambah hiasan percantik halaman," ucap Ibu Refli, saat menunggu kedatangan juri penilai kebersihan.

Penilaian lomba kebersihan dilakukan langsung oleh kelurahan. "Dari kelurahan yang lakukan penilaian, tapi kita belum tau siapa yang datang," ujarnya.

Hadiah untuk pemenang lomba kebersihan ini adalah piala bergilir dan uang pembinaan.

"Acaranya tiap tahun kita lakukan, tahun semalam dari Jalan Papan yang pegang piala bergilir," pungkasnya.

Masyarakat juga mematuhi protokol kesehatan dengan membuat keran cuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.