Stok VTM Habis, Swab Terhadap Keluarga Almarhum Covid-19 di Kuansing Ditunda

Viral-Transport-Medium-VTM.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN -Swab terhadap hasil tracing atau penelusuran kontak yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing bersama Puskesmas Sentajo Raya terhadap keluarga almarhum konfirmasi positif Covid-19 masih menunggu ketersediaan Viral Transport Medium (VTM).

"Hasil tracing atau penelusuran kontak ada 7 dari keluarga almarhum yang rencana akan di swab. Pengambilan swab menunggu ketersediaan VTM," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, dr Amelia Nasrin melalui keteranganya, Selasa, 4 Agustus 2020.

Dimana Gugus Tugas Kabupaten telah mengumumkan ada satu warga Sentajo Raya inisial AS (53) meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19 di Pekanbaru, pada Minggu, 2 Agustus 2020 di Pekanbaru. Swab terhadap almarhum keluar pada Senin, 3 Agustus 2020 dan hasilnya Positif.

AS (53) sendiri merupakan pasien rujukan dari IGD RSUD Teluk Kuantan ke RS Syafira Pekanbaru, pada 28 Juli 2020 lalu. Dimana hasil rapid tes saat itu non reaktif.

Almarhum kabarnya dibawa dan dikebumikan di Kuansing. Sebelumnya almarhum di diagnosis gagal jantung, pneumonia, hipertensi dan diabetes.

Dinas Kesehatan bersama Puskesmas setempat langsung turun melakukan penelusuran kontak. Dari mana almarhum tertular Covid-19 hingga kini belum diketahui.

"Riwayat kontak dan perjalanan disangkal. Almarhum sudah bertahun menderita penyakit hipertensi dan diabetes. Belum bisa dipastikan penularan dari mana," terang Amel.