Tingkatkan Pengawasan Pilkada, Bawaslu Bengkalis Jalin Kerjasama Organisasi Masyarakat

Anggota-Bawaslu-Bengkalis-Usman.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Dalam rangka mendorong serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pilkada Bengkalis tahun 2020, Bawaslu Bengkalis telah merencanakan sejumlah agenda penting terkait hal itu, di antaranya menjalin kerja sama pengawasan dengan sejumlah organisasi sosial kemasyarakatan, perguruan-perguruan tinggi serta lembaga-lembaga terkait lainnya dalam suatu Nota Kesepahaman Bersama (Memorandum of Understanding).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bengkalis, Usman, Selasa 4 Agustus 2020 mengatakan Nota Kesepahaman Bersama yang sedang digagas pada pengawasan Pilkada Bengkalis tahun 2020 ini.

Dia menyebut, jika rencana tersebut selain merupakan bagian dari amanah undang-undang dalam mendorong serta meningkatkan partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pilkada, juga sebagai upaya agar pesta demokrasi tersebut berjalan dengan damai, bersih dan mencegah dari berbagai tindak pelanggaran pemilihan.

“Mendorong dan meningkatkan partisipasi masyarakat, serta upaya untuk menciptakan situasi yang kondusif di tengah-tengah masyarakat dalam menghadapi penyelenggaraan Pilkada Bengkalis tahun 2020 ini, kita memandang perlu untuk melakukan terobosan dan langkah-langkah konkrit, diantaranya menjalin kerjasama dengan sejumlah organisasi sosial kemasyarakatan, lembaga-lembaga perguruan tinggi dan pihak-pihak lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis ini,” terang Usman.


Seperti dikatakan Usman, mengawali rencana dilakukannya kerjasama pengawasan partisipatif antara Bawaslu Bengkalis dengan Ormas, lembaga perguruan tinggi maupun lembaga-lembaga lain yang ada di Bengkalis, sejauh ini pihaknya telah melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan sejumlah Ormas maupun lembaga-lembaga dimaksud.

Dari beberapa kunjungan serta konsolidasi yang dilakukan Bawaslu Bengkalis, sambung Usman, pada intinya kerjasama pengawasan partisipatif yang ditawarkan tersebut mendapat respon positif serta dukungan yang amat membanggakan. Bahkan sejumlah Ormas maupun lembaga yang ada di Bengkalis mengaku siap bekerjasama bagi menyukseskan Pilkada, utamanya bersama-sama Bawaslu Bengkalis dalam pengawasan partisipatif.

“Sampai hari ini, kita masih terus melakukan penjajakan terkait Nota Kesepahaman Bersama yang kita rencanakan dengan sejumlah organisasi sosial kemasyarakatan serta lembaga-lembaga yang ada di Bengkalis. Mudah-mudahan dalam waktu dekat nanti Nota Kesepahaman ini dapat dilakukan penandatanganannya secara serentak,” imbuh Usman lagi.

Sebagai informasi tambahan, sejumlah Ormas serta lembaga yang ada di Bengkalis yang sudah dilakukan penjajakan dan siap bekerjasama dengan Bawaslu Bengkalis dalam pengawasan partisipatif pada pemilihan bupati dan wakil bupati Bengkalis tahun 2020, antara lain seperti MUI Kabupaten Bengkalis, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Bengkalis, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bengkalis, STIE Syariah Bengkalis, STAIN Bengkalis dan Politeknik Negeri Bengkalis.

Sementara itu, sejumlah organisasi sosial kemasyarakan serta lembaga-lembaga lainnya, juga akan segera ditindaklanjuti, membangun komunikasi bagi menjalin kerjasama pengawasan partisipatif yang sedang dilakukan ini.