32 Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kampar, Paling Banyak dari Tenaga Kesehatan

mimi-kadinkes.jpg
(Lukman)

Laporan LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Riau kembali mencetak rekor baru penambahana kasus positif covid-19 dengan 71 kasus. Dari jumlah tersebut, kasus terbanyak terdapat di Kabupaten Kampar dengan 32 kasus.

“Hari ini bertambah 71 kasus positif Covid-19, di Riau. Sehingga total kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau mencapai 577 kasus. Kasus terbanyak ada di Kampar dengan 32 kasus, disusul Siak 13 kasus, Pekanbaru 11 kasus dan Rokan Hilir 9 kasus positif covid-19, " ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Mimi Yuliani Nazir, Selasa (4/8/2020) sore.

Meledaknya jumlah kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Riau merupakan hasil tracing dan tracking terhadap kasus terkonfirmasi positif sebelumnya. Termasuk hasil swab pada tenaga kesehatan di Kampar.

“71 kasus ini berasal dari kontak erat sebelumnya. Begitu juga hasil swab tenaga kesehatan di Kampar baru-baru ini. Ditambah lagi dengan hasil rapid tes reaktif yang ditindak lanjuti dengan hasil swab PCR," tambah Mimi.

Kemudian sebanyak 32 kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kampar, jelas Mimi, kasus terbanyak diketahui dari hasil swab masal tenaga kesehatan. Mulai dari dokter, perawat, hingga tenaga kebersihan di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya. Sayangnya Mimi belum memastikan jumlah tenaga kesehatan yang terpapar covid-19 di Kampar.

“Tenaga kesehatan terkonfirmasi positif covid-19 paling banyak dari Kampar, namun belum bisa dipastikan jumlahnya. Ada juga non tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan yang terpapar covid, seperti menanemen, tenaga kebersihan ruangan dan lainnya," papar Mimi.