Satgas Covid-19 Kumpulkan 506 Spesimen dari Swab Massal di Kantor Gubernur Riau

wagub-swab.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kegiatan swab massal di halaman kantor Gubernur Riau, Selasa 4 Agustus 2020 berhasil menjaring sebanyak 506 spesimen. Pemprov Riau menargetkan sebanyak 1.500 sampel selama pelaksaksanaan swab massal ini digelar.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir, Selasa 4 Agustus 2020 menjelaskan, kegiatan swab massal di halaman Kantor Gubernur Riau berlangsung selama dua hari, Selasa 4 Agustus 2020 hingga Rabu 5 Agustus 2020. Kegiatan swab massal ini tidak hanya diperuntukkan bagi ASN dan THL dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Namun juga bisa diikuti oleh masyarakat umum.

"Kami targetkan bisa sebanyak-banyaknya melakukan swab massal, masyarakat umum yang mau ikut juga diperbolehkan," kata Mimi.

Mimi mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mendeteksi secara dini penyebaran virus Corona di lingkungan ASN Pemprov Riau serta memutus mata rantai penularan Covid-19.

Ia menuturkan, beberapa pekan terakhir ini terjadi peningkatan kasus yang cukup drastis di Riau. Bahkan, Selasa 4 Agustus 2020 penambahan kasus pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau memecahkan rekor sepanjang wabah virus corona masuk ke Riau, yakni sebanyak 71 kasus dalam sehari.

"Ini harus menjadi perhatian bagi kita semua, swab massal ini sebagai salah satu cara memutuskan mata rantai penyebaran covid19," kata Mimi.

Mimi berharap, nantinya hasil swab massal tersebut banyak menunjukkan hasil yang negatif. Namun jika memang ada yang terpapar, agar dapat dengan cepat ditangani supaya tidak terjadi penyebaran lebih lanjut. (*)