Lagi, Suami Istri di Rohil Positif Covid-19 Usai Pulang Dari Sumut

Kadinkes-Mimi-Yuliani-Nazir.jpg
(istimewa)

Laporan LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Belum lama ini sepasang suami istri lanjut usia tertular covid-19 setelah melakukan perjalanan ke Sumatera Utara. Kali ini sepasang suami istri warga Rokan Hilir juga tertular covid-19 usai pulang dari Sumut.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada Riau Online, Kamis (30/7/2020) sore.

Menurutnya sepasang suami istri berinisial tuan U (73) dan nyonya S (57) tersebut diketahui tertular covid-19 saat datang ke salah satu pusat pelayanan kesehatan dengan keluhan demam yang dialami sang istri.

"Nyonya S (57) warga Rohil memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Sumatera Utara dan kembali ke Rokan Hilir pada tanggal 24 Juli 2020. Kemudian datang ke salah satu pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir pada tanggal 25 Juli 2020 dengan keluhan
demam dan hasil rapid test-nya relatif, " jelasnya.

Setelah di Swab pada 27 Juli, ternyata terkonfirmasi positif covid-19. Tidak hanya S, ternyata suaminya, tuan U (73) juga positif covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan Swab pada hari yang sama.

Kasus tertular covid-19 lainnya ternyata tidak hanya karena riwayat perjalanan ke provinsi lain. Tetapi ada juga kasus warga Pekanbaru tertular covid-19 saat berkunjung ke Kampar. Yaitu pasien 416 positif covid-19 tuan J (57).

"Saat ini ia telah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Tuan J memiliki
riwayat perjalanan dari daerah Suka Ramai, Kabupaten Kampar sekitar 14 hari yang lalu. Selain itu ia juga pernah berkontak dengan pelaku perjalanan dari Provinsi Sumatera Utara
sekitar 14 hari yang lalu. Setelah di Swab pada 29 Juli, ternyata positif covid-19,"ungkap Mimi.

Selain tiga pasien covid-19 pasangan suami istri tersebut, di Riau terdapat 11 kasus tambahan positif covid-19. Sehingga hingga total kasus positif covid-19 di Riau mencapai 426 kasus. Kabar baiknya, 17 pasien telah sembuh dan dipulangkan.

"Hingga kini ada 104 yang diisolasi di RS dan 5 orang yang isolasi dirumah. Sedangkan yang sembuh ada 305 dan 12 pasien meninggal dunia," paparnya.