Redakan Konflik Internal di Dinas PUPR Pelalawan, Bupati Copot Plt Kadis

HM-Harris.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN-Kisruh di internal Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pelalawan bikin Bupati Pelalawan HM Harris turun tangan. Bupati akhirnya kembali mengganti Pelaksana tugas (Plt) pada Rabu 15 Juli 2020.

Harris menunjuk MD Rizal sebagai pejabat Plt menggantikan Plt Kepala Dinas PUPR sebelumnya yang dijabat Hardian Syahputra ST MT. Hardian juga merupakan Sekretaris Dinas PUPR.

MD Rizal saat ini masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Pelalawan.

Beredar kabar jika Hardiansyah diganti akibat permasalahan internal yang terjadi di Dinas PUPR.

Beberapa waktu lalu banyak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek yang mengundurkan diri.

Padahal saat ini tender proyek pembangunan jalan hingga jembatan sedang berjalan.

Jajaran Kepala Bidang dan Kepala Seksi tidak solid dengan Plt Kadis PUPR dalam melaksanakan kegiatan.

"Informasinya karena persoalan kemarin. Banyak yang mundur dari jabatan PPK itu," kata seorang pejabat Rabu 15 Juli 2020.

Dalam surat perintah pelaksana tugas nomor 800/BKPSDM-MIK/2020, Bupati Harris memerintahkan MD Rizal S.Pd M.Pd sebagai Plt Kadis PUPR.

Surat itu diteken langsung Bupati Harris pada 15 Juli.

Kepala Badan Kepegawaian Pensidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pelalawan, Fakhrurrozy saat dikonfirmasi membenarkan penunjukan MD Rizal sebagai Kadis PUPR.

Bupati Harris telah meneken surat tugas MD Rizal yang berlaku sejak hari ini.

Fakhrurrozy menyebutkan, dasar pemerintah daerah mengganti Hardian Syahputra karena ada persoalan di dalam dinas belakangan ini.

Berdasarkan hasil rapat tim penilai kinerja PNS diputuskan jika Hardian diganti akibat adanya konflik internal.

"Ini usaha untuk kembali kondusif lagi. Kemarin banyak yang mundur-mundur," ujar Fakhrurrozy.

Pemerintah daerah menunjuk MD Rizal lantaran jabatannya sebagai eselon II yang mengedepankan sistem manajerial di sebuah instansi, tidak harus sesuai dengan disiplin ilmu maupun basik pendidikan lainnya.

"Siapapun eselon II bisa saja ditunjuk jadi Plt. Karena lebih ke manajerial," ucap Fakhrurrozi.

MD Rizal saat dikonfirmasi membenarkan dirinya dipercayakan sebagai Plt Dinas PUPR Pelalawan menggantikan Hardian Syahputra.

Ia berharap bisa menjalankan amanah dengan baik dan bertekad untuk melaksanakan proyek pekerjaan yang ada di Dinas PUPR.

"Kita akan mengejar target yang telah ditetapkan sebelumnya. Tentu dengan koordinasi dan komunikasi bersama pihak internal serta eksternal," ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan ini.

Bekas Plt Kepala Dinas PUPR Pelalawan, Hardian Syahputra memilih tidak berkomentar atas penggantian dirinya sebagai PLT Kadis PUPR.

"No comment bang," katanya singkat melalui aplikas perpesanan Whats App.