Dari 210 Koperasi, Hanya 147 yang Aktif di Kuansing, Ini Penyebabnya

koperasi2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagrin) Kuansing mencatat saat ini ada sekitar 63 koperasi tidak aktif di Kabupaten Kuansing.

"Dari total 210 koperasi di Kuansing hanya 147 yang aktif dan selebihnya 63 koperasi tidak aktif," ujar Kepala Dinas Kopdagrin Kuansing, Azhar, Minggu lalu.

Berdasarkan data Dinas Kopdagrin sebanyak 63 koperasi tidak aktif tersebut tersebar di 12 kecamatan. Di Kecamatan Cerenti misalnya dari 13 jumlah koperasi ada 6 koperasi tidak aktif.

Koperasi tidak aktif di Kecamatan Cerenti tersebut di antaranya KUD Kompe Berangin, Koptan Pematang Sialang, Koptan Adi Bina Usaha, Koptan Wredatama Cerenti, Kopsyah Baiturahman, dan Koptan Pulau Jambu Mandiri.

Di Kecamatan Inuman koperasi tidak aktif yakni KUD Perintis, Koptan Suka Makmur, dan Koptan Karya Mitra. Di Kuantan Hilir koperasi tidak aktif KUD Usaha Rakyat dan KUD Sumber Penghidupan.

Kemudian di Kecamatan Pangean koperasi tidak aktif di antaranya Koptan Baleho Abadi, Kopwan Dewi Sri, Kop Rimbo Manyiang, dan Kopkar Mulya Jaya. Di Logas Tanah Darat ada 6 koperasi tidak aktif di antaranya KUD Sepakat, KUD Sumber Jaya, KUD Langgeng I, KUD Langgeng II, Koptan Mamahan Subur dan Kop Perkebunan Setia Amanah.

Di Benai ada empat di antaranya KUD Pusaka, KSU Maju Lestari, KSU Kuantan Madani dan Kop Wredatama. Di Sentajo Raya ada tiga di antaranya KUD Sumber Bahagia, KUD Lestari dan Koptan Sumber Jaya.

Selanjutnya di Kecamatan Kuantan Tengah ada 24 koperasi tidak aktif di antaranya Kop Usaha Bina Mandiri, Kop AMC, KSU Perpadi, Koptan Karya Bersama Raya, Kop Tri Media Sejahtera, Kop Kuantan Sejahtera, Kop Perisai Kuansing, Koptan Mekar Lesatri, Kop Mitra Usaha Kuansing, Kop Mega Goro, Kop Sejahtera, Kop Angkutan Jasa Batobo, Kop Usaha Bersama.

Kemudian Kopwan Kimpraswil, KP RI Cemerlang, KUD Sejatera Mandiri, KUD Limbuan Bone, KUD Geringging Jaya, KUD Inayan Permai, KP RI Kecamatan Kuantan Tengah, KP RI Bina Usaha, KP RI Bina Lestari, KP RI Tri Jaya, KP RI Tunas Lestari.

Di Gunung Toar ada satu tidak aktif yakni KUD Toar. Kuantan Mudik ada empat di antaranya KUD Karya Jasa, KUD Setuju Makmur, KUD Bina Usaha Rakyat dan KSU Bunga Setangkai. Di Pucuk Rantau ada satu tidak aktif KUD Pucuk Rantau Sejahtera.

Kemudian di Kecamatan Singingi ada 5 KUD tidak aktif di antaranya, KUD Harapan Kita, KUD Ustimal, KUD Karya Rakyat, KUD Harapan Tani, Kop Sukses Bersama.

Azhar melanjutkan koperasi tidak aktif ini katanya, akan dilakukan evaluasi. Apabila tidak dimungkinkan lagi, tambahnya, koperasi tidak aktif ini akan diusulkan untuk dibekukan. "Nanti kita usulkan ke Kementerian Koperasi," pungkasnya.

Koperasi tersebu dianggap tidak aktif karena tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan.