PT Arara Abadi Bantah Karhutla Terjadi di Lahan Konsesinya, Milik Siapa ?

Kebakaran-hutan-dan-lahan.jpg
(BPBD/AKP Rokhani)
LAPORAN : RISKI APDALLI
 
RIAU ONLINE, PELALAWAN - Managemen PT Arara Abadi atau Sinar Mas Grup membantah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di konsesi milik Mereka. Sebelumnya terjadi kebakaran hebat di areal Desa Merbau, Kecamatan Bunut berbatasan dengan Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti. Areal itu disebut-sebut areal konsesi dan areal tanaman kehidupan (Tnk) milik PT Arara Abadi.
 
"Tidak ada laporan bahwa Karhutla dilahan konsesi HTI kita," ucap Humas PT Arara Abadi, Alvian, Senin 29 Juni 2020.
 
Namun, pihak PT Arara Abadi mengerahkan 2 unit helikopter puma jenis water boomming, itu ikut membantu memadamkan api bersama regu pemadam kebakaran (RPK) PT Arara Abadi atau Sinas Mas Grup sesuai standart operasional prosedure (SOP) perusahaan.
 
"Itu sesuai SOP perusahaan dengan radius kita, kita wajib membantu memadamkan sesuai perjanjian. Dan 2 unit heli puma untuk water bomming bersama RPK PT Arara Abadi sudah kita kerahkan turun memadamkan," ujar Alvian.
 
Dikatakannya, untuk areal kebakaran berapa jumlahnya, dan arealnya termasuk Konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) PT. Arara Abadi atau lahan tanaman kehidupan (TNK) PT Arara Abadi, pihaknya belum bisa memastikan. Dan pihaknya, katanya, akan menunggu laporan dari anggota di lapangan sesuai Peta rencana kerja tahunan (RKT) atau hutan pokok HTI PT Sinar Mas grup tersebut.
 
"Belum bisa kami pastikan, kami akan lihat peta dan laporan anggota lah nanti dilapangan ya," tukas Alvian kepada RiauOnline.co.id