Di Kuansing, Nama Kades dan Kaur Masuk Sebagai Penerima BST Kemensos

Pembagian-BLT2.jpg
(istimewa)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - PT Pos Teluk Kuantan menemukan adanya nama salah Kepala desa (Kades) hingga Kaur atau perangkat desa masuk didaftar penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosoial (Kemensos) RI.

Kepala Kantor Pos Teluk Kuantan, Arif Supirman mengatakan, masuknya nama salah satu oknum kades dan sejumlah kaur didaftar penerima BST dari Kemensos tersebut, pihaknya tidak bisa memberikan bantuan tersebut karena dinilai salah sasaran.

"Kades ada satu di Kecamatan Sentajo Raya, kemudian kaur juga ada masuk, tapi mereka nggak ngambil," ujar Arif, Kamis, 18 Juni 2020.

Arif mengatakan, untuk bantuan tahap I bulan April 2020 sudah tersalurkan dan ada sekitar 400-an penerima belum mengambil sama sekali ke kantor pos.

Menurut Arif, penerima yang belum mengambil bantuan dari Kemensos sebesar Rp 600 ribu per bulan tersebut bisa jadi dapat bantuan dobel, penerima bantuan lain, meninggal dunia, NIK tidak cocok atau orangnya tidak diketahui atau memang tidak tahu kalau mereka dapat bantuan.

"Tahap I ada sekitar 400-an belum mengambil. Khusus Taluk sekitarnya PNS tidak ada kita temukan, hanya ada satu kades dan kaur masuk namanya, tapi mereka nggak ngambil," jelas Arif.

Kemudian BST tahap II, kata Arif, itu ada 298 sisa belum tersalurkan karena belum diambil oleh penerima. "Pertanggal 17 Juni 2020 ada 298 sisa belum tersalurkan," katanya.

Selanjutnya untuk penyaluran tahap III, kata Arif, memang hingga kini belum ada kabar kapan akan disalurkan dan kita masih menunggu informasi dari pusat. "Tahap III belum dapat kabar, kemungkinan bisa diawal bulan atau akhir bulan ini," katanya.

Pemerintah, menyalurkan dana BST dari Kemensos ini melalui kantor pos. Di Kuansing terdapat lima kantor pos yang menjadi tempat penyaluran pertama di Teluk Kuantan, Muara Lembu, Cerenti, Lubuk Jambi dan Baserah.

"Jumlah penerima BST dari Kemensos yang disalurkan oleh lima kantor pos di Kuansing ada 9.412 KK," kata Arif.

Diberitakan sebelumnya, Di Kuansing terdapat 8.493 Kepala Keluarga (KK) menerima BST Kemensos ini. BST ini disalurkan bagi warga terdampak akibat Covid-19.

"Sekitar 7.827 KK itu disalurkan melalui kantor pos dan selebihnya disalurkan melalui BRI dan BNI," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kuansing, Napisman, belum lama ini.

Napisman mengatakan, untuk data penerima berdasarkan data yang ada di Kementerian. Kemudian data yang ada di Data Terpadu Kesejateraan Sosial (DTKS).