Pemkab Siak Bangun Taman di Kecamatan Tertua

Taman-olahraga.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak membangun taman untuk olahraga di bekas perkantoran pemerintahan Kecamatan Sungai Apit. Kawasan ini merupakan kecamatan tertua di Kabupaten Siak.

Taman seluas 2.800 meter persegi tersebut telah ditinjau Bupati Siak Alfedri bersama Kepala Dinas PU Tarukim Irving Kahar untuk melihat kesiapannya. Taman ini sudah selesai dibangun sejak 2019 lalu menggunakan anggaran Rp862 juta.

Kawasan yang dulunya menjadi lokasi aktivitas pemerintahan kini dapat menjadi titik kumpul anak-anak untuk bermain dan berolahraga.

"Kita sudah melihat taman di Sungai Apit, untuk beberapa sarana yang masih kurang akan dilengkapi nantinya oleh dinas terkait," kata Alfedri.


Kini kata Alfedri, masyarakat kampung juga bisa merasakan memanfaat ruang terbuka hijau seperti yang ada di pusat Kabupaten Siak. Salah satunya untuk pemasukan ekonomi bagi masyarakat setempat.

"Dengan adanya ruang bermain terbuka ini, orang akan datang selalu di waktu pagi dan sore. Tentunya mereka juga akan menikmati jajanan ringan. Masyarakat bisa melihat peluang ini untuk berjualan makanan atau yang lainnya," kata Bupati.

Ruang terbuka hijau ini, kata bupati, hampir merata ada di setiap Kecamatan. Warga setempat harus dapat menjaga taman dan tempat bermain tersebut.

"Keberadaan RTH ini menjadi salah satu upaya mewujudkan Kabupaten Siak sebagai tujuan wisata di Pulau Sumatera. Makanya pembangunan tempat-tempat wisata harus dilakukan secara merata," imbuh Alfedri.