Tim Gugus Tugas Bunut Beri Penjelasan, Reaktif Bukan Berarti Positif Covid-19

Tim-Gugus-Bunut.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Beredar kabar tentang dua warga Kecamatan Bunut, reaktif Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) atau virus corona. Sebelumnya tim gugus percepatan penanganan Covid-19 (PPC) Pelalawan menggelar rapid tes, pada Minggu 14 Juni 2020.

Tim gugus tugas Covid-19 Bunut membantah 2 warga Kecamatan Bunut yang reaktif Covid-19. 
 
"Cuma 1 warga dari Kecamatan Bunut yang reaktif dari laporan kita. Dan itu sudah kita lakukan isolasi mandiri," unglap Juru Bicara (Jubir) gugus tugas Covid-19 Bunut, Rahmad.
 
Dijelaskannya, memang saat dilakukan rapid test, ada warga Kecamatan Teluk Meranti, yang ikut rapid test dan warga tersebut positif rapid test. Maka dari itu, katanya, perlu kita luruskan dan jelaskan kepada masyarakat, agar tidak panik dilapangan.
 
"Jika reaktif kan tidak serta merta dia positif Covid-19. Ini kita upayakan meluruskan, dan saat ini sudah dilakukan swab dan kita kirim ke Pekanbaru untuk hasilnya nanti apa," tandas, Rahmad, yang juga Kepala Puskesmas Bunut ini, kepada RiauOnline.co.id.
 
Hal senada juga disampaikan Ketua tim gugus tugas Covid-19 Bunut, Sri Nursari, SE, dengan simpang siur informasi yang telah membuat masyarakat panik, itu pihaknya telah melakukan upaya penjelasan meluruskan di lapangan. Bahkan hari ini, tim akan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan dinilai rawan Penyebaran dari 1 pasien yang reaktif Covid-19 tersebut.
 
"Itu tidak benar ada 2 warga kita, memang waktu dipasar minggu kemarin, kebetulan ada warga Kecamatan Teluk Meranti, yang ikut rapid test dan positif rapid test. Untuk warga Bunut cuma 1, karena dia koperatif sudah diisolasi mandiri. Saat ini kita sudah berupaya meluruskan dilapangan, dan hari ini kita sedang melakukan penyemprotan disinfektan dilapangan," pungkas Camat Bunut, Sri, menegaskan.
 
Dari data yang dirangkum, Jubir gugus tugas PPC Pelalawan, Asril M.kes, pada Senin, 15 Juni 2020 mengumumkan ada tiga warga yang reaktif Covid-19 atau virus corona. Tiga warga tersebut yakni, 1 warga Kecamatan Ukui dan 2 warga Bunut. Bahkan saat ini, sudah ada yang di karantina di gedung olah raga (Gor) Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, yakni warga yang dari Kacamatan Ukui