Naswan Desak Gugus Tugas Covid-19 Kuansing Serius Tangani Kasus TJM

nawsan-3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuansing, Riau, Naswan berkomentar soal TJM. Nasman mendesak Pemerintah Daerah melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten agar serius menelusuri kasus TJM.

Menurut Naswan, ini perlu ditelusuri lagi lebih jauh oleh pemerintah melalui gugus tugas dengan mencari sumber bagaimana awal mula penularan ini terjadi. Apakah virus ini dibawa oleh yang bersangkutan dari Batam atau tertular dari keluarga di Tarutung atau di Kuansing.

"Ini perlu ditelusuri, karena awalnya yang bersangkutan ini kan dari Tarutung, kabarnya tiga minggu disana. Baru setelah itu ke Kuansing dan tinggal dua bulan di Kuansing," kata politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, Sabtu, 13 Juni 2020.

Bagaimana yang bersangkutan ini sampai bisa tertular virus corona. "Karena masa inkubasi virus ini kan katanya hanya 14 hari. Kita perlu pertanyakan apakah virus ini dibawa dari Batam atau dia dapat di Kuansing, ini harus secepatnya ditelusuri," kata Naswan.

TJM (40) perempuan warga Batam dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani tes swab di Pekanbaru dan hasilnya keluar pada Selasa, 9 Juni 2020 lalu.

Dimana TJM (40) sendiri memiliki riwayat perjalanan dari Batam, Kepulauan Riau( (Kepri) ke Tarutung, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) 29 Februari 2020. Lalu, dari Tarutung ke Teluk Kuantan, Kabupaten Kuansing.

Wanita ini sempat tinggal selama dua bulan disalah satu desa di Kecamatan Singingi Hilir. Saat akan pulang ke Batam, 5 Juni 2020 lalu, wanita ini sempat minta surat keterangan bebas Covid-19 ke Puskesmas setempat dan akhirnya menjalani tes swab disalah satu RS di Pekanbaru.

Naswan juga mendesak Pemda melalui Gugus Tugas agar segera melakukan Rapid Test kepada semua orang yang pernah kontak langsung dengan warga Batam yang positif Covid-19 ini.

"Supaya tidak meluas, kita minta semua orang yang berhubungan dengan yang bersangkutan dan keluarganya dilakukan rapid test," katanya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 14 orang warga Kuansing, Riau yang pernah kontak dengan TJM (40) warga Batam pasien Positif Covid-19 menjalani tes swab kedua, Kamis, 11 Juni 2020 lalu.

Pengambilan swab kedua dilakukan di Puskesmas Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir. Pengambilan swab yang kedua dilakukan terhadap orang yang diduga pernah kontak dengan pasien Positif Covid-19 asal Batam berkunjung ke Kuansing dan sempat tinggal dua bulan di salah satu desa di Kecamatan Singingi Hilir.