Ngeri, Murid SDN 08 Sumpu Hulu Kuantan Belajar di Tengah Ancaman Maut

SD-Negeri-08-Sumpu.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 08 Sumpu, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuansing, Riau selama ini ternyata belajar ditengah ancaman maut. Ruangan tempat belajar puluhan murid ini kondisinya memprihatinkan dan jauh dari kenyamanan.

Selain atap banyak bocor, kayu penyangga pada bagian atap sekolah diduga juga sudah banyak yang lapuk akibat tergerus air hujan. Apabila ini tidak jadi perhatian, maka bisa saja sewaktu-waktu atap sekolah ini ambruk menimpa para murid dan guru.

Selain itu, dinding pada sekolah ini juga mengalami keretakan, dan pada bagian luar terlihat jelas selain atap bocor juga kayu banyak yang terkelupas dan jendela kaca yang sudah pecah.

Bangunan sekolah ini sempat ditinjau langsung anggota DPRD Kuansing, Azrori Analke Apas belum lama ini. "Kondisi sekolah sangat memprihatinkan," kata Azrori saat bincang-bincang dengan Riau Online, Senin, 8 Juni 2020 lalu.

Politisi PPP Kuansing ini mengatakan, loteng pada ruangan belajar siswa banyak yang bolong, dan kondisi atap juga banyak bocor. Papan tulis pada ruangan belajar juga terlihat mengalami kerusakan.

Azrori mendesak, pembangunan SDN 08 Sumpu ini menjadi prioritas dalam APBD Kuansing nanti. "Kita minta sekolah ini jadi prioritas untuk dibangun, karena kondisinya memprihatinkan," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kuansing melalui Sekretaris Disdikpora Kuansing, Masrul Hakim mengatakan, memang kita sudah dapat laporan kalau SDN 08 Sumpu ini kondisinya sekarang cukup parah.

"Pada 2021 kita usahakan masuk di RKPD, kita juga tidak tahu persis kondisi sekolah ini dulunya," kata Masrul, Rabu, 10 Juni 2020.

Dia mengatakan, mungkin setiap tahun ada usulan pembangunan atau rehab terhadap SDN 08 Sumpu ini, namun mungkin ada yang lebih prioritas. "Rencana besok (Kamis,red) kita turun meninjau sekolah ini (SDN 08 Sumpu," kata Masrul.