Nihil Positif Covid-19, Rohul Jadi Percontohan New Normal

yusmar.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, ROHUL - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjelang memasuki Ramadhan dan Idul Fitri beberapa waktu lalu mengalami eskalasi cukup signifikan, namun Pasca Idul Fitri angka ODP di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai menurun. Meski hari ini Minggu (31/5/2020) hanya bertambah 16 orang, namun sebanding dengan ODP sehat hari ini mencapai 45 orang.

Saat ini tercatat tidak ada kasus positif di Rokan Hulu. Tidak adanya kasus Covid-19 dan menurunnya ODP dan PDP di Rokan Hulu dinilai sebuah keberhasilan bagi Tim Gugus Tugas Covid-19.

Atas keberhasilan itu, Rokan Hulu ditetapkan sebagai Kabupaten percontohan penerapan New Normal Covid-19, menuju Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19.

Sehingga total ODP selesai pemantaun 6.769 orang, Masih dipantau 966 orang dari jumlah total ODP 7.735 orang. Kemudian jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang selesai perawatan 47 orang, 1 (Satu) orang masih dalam perawatan. Sementara kasus Positif Covid-19 di Rohul Nol.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman melalui Jubir Covid-19 (Corona) Rohul Drs. Yusmar, M.Si, Minggu (31/5/2020) Pukul 14.47 Wib menjelaskan warga yang masuk ODP merupakan warga yang kembali dari luar Rokan Hulu atau warga lain yang datang ke Rokan Hulu dari daerah yang sudah terinveksi Covid-19.

“Sehingga rincian total ODP hari ini adalah 7.735 orang, hari kemarin 7.719 orang, sehingga ODP baru bertambah 16 orang. Kemudian ODP di pantau hari ini 966 orang, hari kemarin 996 orang, ODP di pantau berkurang 30 orang. Sementara ODP selesai di pantau atau sehat hari ini 6.769 orang, hari kemarin 6.723 atau ODP sehat bertambah 46 orang,” jelasnya. Sebagaimana dilansir dari rokanhulukab.go.id

Kadis Kominfo Rohul ini juga mengatakan jumlah Pasien dalam pengawasan (PDP) Rokan Hulu hari ini Minggu (31/5/2020) Berdasarkan keterangan Tim Medis, melalui Direktur RSUD Rokan Hulu dan Hasil Rekap Surveilens Penanganan Covid 19, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu. Tidak ada Penambahan PDP baru, Total PDP berjumlah 48 orang.

“Dengan rincian Selesai perawatan 47 orang, Dalam perawatan 1 orang, sementara hingga kini di RSUD Rokan Hulu tidak ada PDP yang dirawat,” terang Yusmar.

Kemudian, untuk Pasien status positif 1 (satu) orang telah dinyatakan sehat atas nama Agus Sutijono dan telah pulang kerumahnya, Sehingga pasien status positif Covid-19 di Rohul 0 (Nol).

Atas keberhasilan Tim Gugus Tugas menangani Covid-19, Kabupaten Rokan Hulu ditetapkan sebagai Kabupaten percontohan penerapan New Normal Covid-19, menuju Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19.

“Semoga kita tetap mendapat perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT, Amin,” harap Yusmar.

Jumlah data tersebut, dikatakan Yusmar berdasarkan Rekap Surveilens Penanganan Covid-19 Corona RSUD, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, berasal dari laporan Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu Dari data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa.

Berdasarkan laporan dari WA Group dan dokumentasi serta Video Conference (Vicon) yang disampaikan, Dengan mengusung Hastag BersamakitaantisipasiCovid19Corona dan #SatudataCovid-19RokanHulu, Tim Gugus Tugas Covid-19 Corona semua tingkatan di daerah perbatasan, diminta melaksanakan pemeriksaan suhu warga yang masuk ke wilayah Rokan Hulu.

"Kecamatan dan Desa kerjasama TNI dan Polri serta komponen dan elemen masyarakat termasuk pihak swasta, bersinergi bahu membahu, sampai mengembangkan tradisi dan kearifan lokal termasuk penyediaan Posko, masker, desinfektan dan ba'ntuan lain kepada masyarakat secara mandiri," pungkasnya.