2.091 KK di Kuantan Tengah Terima BLT Dana Desa Rp600 Ribu

blt-dana-desa.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 2.091 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing, Riau telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa.

Bantuan yang disalurkan secara langsung dan tunai tersebut merupakan bantuan tahap pertama untuk bulan April dan telah disalurkan oleh 20 desa di Kecamatan Kuantan Tengah.

"Dua minggu lalu sudah tuntas disalurkan. Terakhir disalurkan pada Kamis sebelum memasuki lebaran kemarin," ujar Camat Kuantan Tengah, Agus Iswanto, Minggu, 31 Mei 2020.

Agus mengatakan, sebelum lebaran kemarin tepatnya pada hari Kamis ada sekitar 13 desa di Kecamatan Kuantan Tengah serentak menyalurkan BLT yang bersumber dari Dana Desa ini. Sisanya disalurkan oleh sejumlah desa pada minggu-minggu sebelumnya.

Bantuan BLT dana desa bulan April tersebut disalurkan kepada 2.091 KK tersebar di 20 desa di Kecamatan Kuantan Tengah. Proses penyaluran BLT dana desa berlangsung lancar.

Dimana besaran bantuan BLT dana desa untuk satu KK sebesar Rp 600 ribu. Bantuan tersebut disalurkan secara langsung tunai kepada warga terdampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi RI Nomor 6 Tahun 2020 Tentang perubahan atas peraturan menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

Pada pasal 8A ayat 2 berbunyi penanganan dampak pandemi Covid-19 sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dapat berupa BLT dana desa kepada keluarga miskin yang ada di desa.

Pada ayat 3 keluarga miskin sebagaimana dimaksud pada ayat 2 yang menerima BLT dana desa merupakan keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima program keluarga harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT), dan kartu prakerja, serta mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun dan kronis.