Dalam 3 Tahun, 300 Guru PNS Berkurang di Kuansing, Ini Penyebabnya!

ilustrasi-guru.jpg
(kabarpapua.co/net)
RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jumlah tenaga guru berstastus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Kuansing, Riau setiap tahunnya terus berkurang.  Jauh berkurangnya jumlah guru PNS tersebut tidak sebanding dengan jumlah pengangkatan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kuansing, Masrul Hakim mengakui, guru PNS setiap tahun jumlahnya terus saja berkurang sementara pengangkatan hanya sedikit sekali.

Menurut Masrul berkurangnya jumlah guru PNS setiap tahun disebabkan karena pensiun dan sebagian ada juga yang meninggal dunia. Sehingga terjadi penurunan jumlah PNS terutama guru di Kabupaten Kuansing.

"Dalam tiga tahun terakhir jumlah guru PNS kita berkurang 300 lebih, pengangkatan hanya sedikit," kata Masrul.

Rata-rata kata Masrul, setiap tahun ada puluhan guru yang memasuki masa pensiun. "Tiga tahun lalu jumlah guru PNS kita itu sekitar 3.200 lebih dan sekarang jumlahnya hanya sekitar 2.857," katanya.

Para guru tersebut katanya, mengajar mulai di SD hingga SMP yang ada di Kabupaten Kuansing. Sementara sebelumnya Masrul mengatakan, selain guru PNS juga ada guru bantu provinsi jumlahnya ada sekitar 507 orang mengajar mulai di TK, SD dan SMP.

Pada penerimaan CPNS Tahun 2019 lalu, Kuansing mendapatkan kuota sebanyak 260 formasi, dan sebanyak 139 merupakan tenaga guru selebihnya 79 tenaga kesehatan dan 49 tenaga teknis.

Namun sejauh ini memang pelaksanaan ujian CPNS tahun 2019 masih belum tuntas dilakukan, masih ada tahapan seleksi SKB yang akan dilalui. Sehingga para calon guru ini belum bisa bekerja karena masih ada satu seleksi lagi yang akan dilalui.


 
 

-->