Pemkab Kuansing Andalkan Bantuan Sembako dari Perusahaan

Bupati-Mursini-menerima-bantuan-sembako-dari-PT-Tri-Bakti-Sarimas-TBS.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuansing hingga kini masih mengandalkan sumbangan dari perusahaan melalui program "corporate social responsibility" atau tanggung jawab sosial perusahaan membantu berupa sejumlah bahan kebutuhan pokok untuk dibagikan kepada  warga yang terdampak akibat Covid 19.

Bantuan dari sejumlah perusahaan tersebut sudah  diterima langsung Pemkab Kuansing diserahkan oleh perwakilan perusahaan di kantor Bupati Kuansing. Bantuan juga datang dari sejumlah Bank di Kabupaten Kuansing.

Bantuan ini selanjutnya akan didistribusikan oleh Pemkab Kuansing melalui Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kuansing.

Terakhir pada Rabu, 29 April 2020, bantuan datang dari PT Tri Bakti Sarimas (TBS). Bantuan berupa beras, mie instan dan telur ini diterima langsung Bupati Kuansing Mursini. 

 
"Iya tadi kita ada menyerahkan bantuan dari PT TBS berupa beras, mie instan, dan telur," ujar GA dan HRD Manajer PT TBS Khendra Martono, Rabu 29 Aptil 2020 sore.  
 
Sementara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kuansing, Napisman mengatakan, khusus sembako dari APBD hingga kini memang belum ada. Untuk bantuan Pemkab masih dilakukan pendataan.

"Bantuan langsung belum, kalau bantuan yang disalurkan sekarang itu berasal dari sumbangan pihak ketiga," ujar Napisman, Rabu, 29 April 2020.

Bantuan tersebut kata Napisman dikelola langsung oleh Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kuansing di kantor Bupati. "Jadi bantuan dari perusahaan ini sekretariat gugus tugas yang mendistribusikan," kata Napis.

Sebelumnya, salah satu juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Kuansing, Agusmandar mengakui bantuan yang disalurkan  tersebut berasal dari sumbangan sejumlah perusahaan dan sejumlah bank yang ada di Kuansing.

Bantuan berupa sejumlah kebutuhan pokok tersebut diserahkan pihak perusahaan melalui Pemkab Kuansing dan selanjutnya Pemkab yang mendistribusikan kepada warga yang memang betul-betul membutuhkan.

Sejumlah perusahaan yang sudah ikut membantu diantaranya ada PT SUN, PT Udaya Lohjinawi dan sejumlah Bank seperti Bank Riau Kepri, Bank Riau Kepri Syariah dan Bank BNI.

"Karena sudah banyak dan menumpuk maka kita bagikan," ujar Agusmandar yang juga menjabat sebagai Asisten III Setda Kuansing ini, Rabu, 22 April 2020 lalu.

"Stok masih ada, rencana segera kita salurkan kepada warga yang memang betul-betul sangat membutuhkan."

Bantuan selain dibagikan kepada tukang parkir, tukang ojek, juga dibagikan kepada keluarga PDP dan ODP yang tengah melakukan isolasi mandir dirumah.

"Bantuan paket sembako sumbangan dari perusahaan dan bank tersebut juga kita salurkan kepada keluarga PDP dan ODP yang tengah melakukan isolasi mandiri dirumah," kata Agusmandar.

-->