Data Jumlah Penerima Bantuan Rp 300 Ribu dari Pemkab Kuansing Belum Final

Uang3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Hingga Rabu, 29 April 2020, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuansing belum menerima data pasti berapa jumlah penerima bantuan sebesar Rp 300 ribu yang akan diberikan Pemkab Kuansing.

Sesuai kriteria masyarakat yang akan mendapatkan bantuan dari Pemkab Kuansing ini adalah pertama tidak masuk kedalam Data Terpadu Kesejateraan Sosial (DTKS).

Kemudian diluar dari penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), dan warga yang terdampak kehilangan mata pencaharian atau penghasilan akibat Covid 19.

"Kalau jumlah bantuan Insyaallah sebesar Rp 300 ribu itu sudah final, data penerima sampai kini belum final," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial PMD Kuansing, Napisman dihubungi Riau Online, Rabu, 29 April 2020.

Kalau jumlah bantuan Insyaallah sebesar Rp 300 ribu itu sudah final, data penerima sampai kini belum final

Napisman



Menurut Napisman, data tersebut belum sampai ke Dinsos PMD dan masih dilakukan verifikasi dan validasi oleh Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Kopdagrin) bersama pemerintahan desa dan kecamatan.

"Kriteria pertama tidak masuk kedalam Data Terpadu Kesejateraan Sosial (DTKS), kedua diluar dari penerima BLT Dana Desa, dan warga yang terdampak kehilangan mata pencaharian atau penghasilan akibat Covid 19 ini," kata Napisman.

Untuk jumlah penerima sendiri disampaikan Napisman, hingga kini memang belum final, dan masih proses. "Kita masih menunggu data," kata Napisman.

Sementara Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Azhar mengatakan, selama tiga hari pada Minggu lalu proses verifikasi data di 15 kecamatan sudah dilakukan.

"Seluruh Kades kita kumpulkan, selama tiga hari itu kita bagi tiga tim untuk menyelesaikan verifikasi ditingkat Kecamatan," kata Azhar, Senin lalu.

Namun pada Senin kata Azhar, soft copy tersebut belum disampaikan masing-masing kecamatan. Rencananya soft copy ini akan disampaikan ke Dinsos PMD.

Sebelum soft copy disampaikan terlebih dahulu katanya akan direkap untuk membedakan mana KK miskin dan mana penerima PKH. "Baru setelah itu kita sampaikan ke Dinsos dan mereka yang akan mengeksekusi. Kapan penyalurannya itu Dinas sosial nanti," kata Azhar.

Dari pemberitaan sebelumnya, sebanyak 38.101 Kepala Keluarga (KK) Miskin dan KK yang terkena dampak ekonomi akibat virus corona (Covid 19) diusulkan mendapatkan bantuan dari APBD Kuansing.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Azhar sebelumnya mengatakan, data 38.101 tersebut merupakan data yang disampaikan 218 desa dan termasuk 11 kelurahan di Kabupaten Kuansing.