Melebihi Angka Kasus Pasien Positif Covid-19, 51 PDP di Riau Meninggal Dunia

indra-yopi.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Riau yang meninggal dunia terus bertambah. Hingga Kamis 23 April 2020 sudah ada 51 PDP di Riau yang meninggal dunia. Angka ini melebihi angka kasus pasien positif Covid-19 di Riau sebanyak 36 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Riau, dr Indra Yopi mengatakan, dari 51 PDP yang meninggal dunia tesebut masih ada 28 PDP yang masih menunggu hasil uji swab. Sedangkan sisanya hasil uji swabnya sudah keluar.

Indra Yopi mengungkapkan sebagian besar PDP yang meninggal dunia memiliki penyakit penyerta yang sudah kronis. Sehingga kondisi kesehatan pasien semakin cepat memburuk. Ditambah lagi adanya gejala Covid-19. Seperti deman, batuk, filek dan sesak nafas yang membuat pasien semakin terpuruk dan akhirnya tidak tertolong lagi nyawanya.

"Kasus PDP yang meninggal relatif dengan kondisi yang berat dan penyakit penyerta yang juga berat," katanya.

Indra juga mengungkapkan, pada umumnya, PDP Covid-19 di Riau yang meninggal dunia memiliki penyakit penyerta yang sudah parah. Seperti stroke, DBD dengan pendarahan spontan, Diabetes Melitus yang tidak terkontrol dan usia tua.

"Beberapa pasien ada yang masuk ke rumah sakit dengan kondisi yang sudah ada mengalami pemburukan pada paru-parunya, sehingga sulit untuk ditolong, meskipun petugas medis kita sudah berupaya semaksimal mungkin," katanya.

Tidak hanya kematian PDP di Riau yang terus bertambah, kasus PDP di Riau juga terus mengalami peningkatan. Hingga saat ini setidaknya sudah tercatat sebanyak 240 PDP di Riau yang dirawat di sejumlah rumah sakit di Riau.

"Yang menjadi perhatian kami sekarang memang adanya PDP yang meningkat di semua rumah sakit yang ada di Riau. Jadi rata-rata per hari itu ada penambahan sebanyak 20 PDP. Ini menjadi sinyal buat kita bersama untuk lebih waspada dan berhati-hati," kata Indra Yopi. (*)

-->