Tujuh Peserta Seleksi Jabatan Eselon II Pemprov Riau Tidak Lulus Kompetensi Manajerial

Kepala-BKD.jpg
(Azhar)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Tujuh dari 121 peserta yang ikut dalam seleksi jabatan eselon II dilingkungan Pemprov Riau gugur saat tes kompetensi manajerial dan sosial kultural. Tes ini merupakan tahapan kedua setelah seluruh peserta seleksi jabatan eselon II Pemprov Riau dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Dengan gugurnya tujuh peserta tersebut, maka tersisa 114 peserta yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tes selanjutnya yang dilakukan oleh tim Panitia Seleksi (Pansel).

Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Minggu 19 April 2020 mengatakan, pengumuman seleksi manajaerial tersebut diumumkan berdasarkan Keputusan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) Pemprov Riau Nomor Kpts: 20/PANSEL/JPTP/2020 tentang penetapan hasil seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural pada seleksi terbuka jabatan PTP di lingkungan Pemprov Riau.

"Iya hari ini pansel telah umumkan peserta yang lulus seleksi, berdasarkan keputusan pansel, dari 121 peserta yang mengikuti seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural, sebanyak 114 peserta dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tahap selanjutnya. Sedangkan 7 peserta tidak lulus seleksi,” kata Ikhwan seraya menyebut sejumlah penyebab gugurnya tujuh peserta tersebut.

"Yang tidak lulus, ada yang sakit dan lainnya tidak memenuhi standar nilai," tambahnya.

Ikhwan mengungkapkan, tujuh peserta yang tak lulus seleksi satu di antaranya sakit, sehingga tidak mengikuti proses seleksi manajerial. Kemudian 6 peserta lainnya tidak lulus karena tidak mencapai batas nilai yang ditetapkan pansel. Misalnya, batas nilai seleksi manajerial minimal 70, mereka tidak mencapai target.Bagi peserta yang lulus maka akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang dan teknis.

"Selanjutnya yang lulus mengikuti seleksi bidang, ini meliputi penulisan makalah, presentasi dan wawancara. Untuk penulisan makalah dilaksanakan besok di tempat masing-masing (Work From Home). Sedangkan presentasi dan wawancara dilaksanakan tanggal 21 April sampai selesai," katanya.

Seperti diketahui, 24 jabatan eselon II Pemprov Riau yang dilelang tersebut diantaranya adalah, Asisten I Setdaprov Riau, Kepala Inspektorat, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Riau. Kepala Badan Pendapatan Daerah Riau, Sekwan DPRD Riau, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Riau.

Selanjutnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau.

Lalu Kepala Dinas Pariwisata Riau, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Sosial, Kepala Satpol PP, Kepala Biro Perekonomian dan SDA, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Organisasi, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa dna Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Riau. (*)

-->