Sembilan Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh

indra-yopi.jpg
(riauonline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak sembilan pasien positif Covid-19 yang sebelumnya sempat di rawat di ruang isolasi rumah sakit di Riau dinyatakan sembuh. Seluruh pasien ini dinyatakan sembuh dari virus corona setelah hasil uji swabnya dua kali berturut-turut menunjukkan hasil negatif. Saat ini seluruh pasien yang sembuh sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

"Mereka sebagian masih ada yang menjalani isolasi mandiri dirumahnya masing-masing selama 7 - 10 hari. Tapi sebagian lagi sudah melewati masa isolasi dan berbaur dengan masyarakat," kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Riau, dr Indra Yopi, Jumat 17 April 2020.

Meski sudah dinyatakan sembuh dan bebas dari virus corona, namun pasien yang sebelumnya positif Covid-19 ini tidak langsung bisa diterima masyarakat. Tidak hanya pasien positif yang sudah dinyatakan sembuh saja yang mengalami perlakukan tersebut. Namun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang hasil uji swabnya negatif juga saat kembali ke rumahnya mereka dijauhi oleh masyarakat.

Kondisi ini disayangkan oleh Gugus Tugas Covid-19 Riau. Sebab mereka yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 tidak perlu dijauhi. Karena hasil uji swabnya sudah negatif, sehingga tidak lagi virus yang akan menularkan ke orang lain mendekatinya.

"Kami dapat telepon, tidak hanya dari pasien positif yang sembuh, tapi dari PDP yang negatif juga. Meskipun sudah dinyatakan sembuh dan negatif ternyata mereka dijauhi masyarakat, ini tidak baik, karena mereka ini sebenarnya sudah lebih kuat jika dibandingkan kita yang belum pernah terkena covid. Karena yang sudah pernah kena covid dan sembuh berarti mereka punya kekebalan yang lebih kuat," katanya.

Dengan adanya penambahan pasien yang sembuh tersebut, maka saat ini total pasien positif Covid-19 yang dirawat ada 13 orang dari 26 kasus pasien positif covid-19 di Riau. Sedangkan yang sembuh ada 9 orang dan 4 meninggal dunia. (*)

-->