Puluhan Ribu Warga Miskin Kuansing Diusulkan Dapat Bantuan

Ilustrasi-anak-di-perkampungan-kumuh.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sebanyak 38.101 Kepala Keluarga (KK) Miskin dan KK yang terkena dampak ekonomi akibat virus corona (Covid 19) diusulkan mendapatkan bantuan. Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Azhar mengatakan, data 38.101 tersebut merupakan data yang disampaikan 218 desa dan termasuk 11 kelurahan di Kabupaten Kuansing.

"Total semuanya ada 38.101 yang diusulkan untuk mendapatkan bantuan pemerintah. Data ini berasal dari desa dan kelurahan dan disampaikan kepada masing-masing Kecamatan selanjutnya diteruskan ke Pemerintah Kabupaten," ujar Azhar kepada Riau Online, Rabu, 15 April 2020.

Azhar mengatakan, data tersebut memang belum final dan akan dilakukan verifikasi terlebih dulu oleh dinas terkait sehingga bantuan nantinya akan lebih tepat sasaran.

"Iya, akan dilakukan verifikasi agar bantuan yang direncanakan memang betul-betul tepat sasaran," terang Azhar.

Kadis Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, Azhar

Kadis Azhar

Untuk proses verifikasi nanti katanya, tentunya akan didiskusikan bersama rekan-rekan Camat se-Kuansing. Karena data ini yang lebih tahu tentu Camat dan Kades termasuk pihak Kelurahan.

"Tentang apakah data ini sudah valid tentu yang tahu desa termasuk kelurahan dan kecamatan nantinya," katanya.

Dari jumlah 38.101 jumlah yang diusulkan jelas Azhar, juga termasuk data KK pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak secara ekonomi akibat Covid 19 ini. "UMKM semuanya sudah disitu," katanya.

Sementara untuk bentuk bantuan disampaikan Azhar, itu ada dinas terkait yang akan menyampaikan karena yang menyalurkan nanti adalah Dinas Sosial. "Kita hanya membantu menyiapkan data melalui rekan-rekan Camat se-Kuansing," katanya.

Berikut daftar KK miskin dan KK yang terkena dampak ekonomi akibat virus corona (Covid 19) se-Kabupaten Kuansing :

1. Kecamatan Kuantan Tengah jumlah 5.933 KK

2. Kecamatan Sentajo Raya jumlah 3.256 KK

3. Kecamatan Benai jumlah 2.423 KK

4. Kecamatan Pangean jumlah 3.388 KK

5. Kecamatan Kuantan Hilir jumlah 1.988 KK

6. Kecamatan Kuantan Hilir Seberang jumlah 1.298 KK

7. Kecamatan Inuman jumlah 3.155 KK

8. Kecamatan Cerenti jumlah 2.298 KK

9. Kecamatan Gunung Toar jumlah 1.843 KK

10. Kecamatan Kuantan Mudik jumlah 3.521 KK

11. Kecamatan Hulu Kuantan jumlah 1.331 KK

12. Kecamatan Singingi jumlah 2.082 KK

13 Kecamatan Singingi Hilir jumlah 2.052 KK

14. Kecamatan Pucuk Rantau jumlah 1.246 KK

15. Kecamatan Logas Tanah Darat 2.287 KK
 

Sebelumnya Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kuansing, Napisman mengatakan, untuk bantuan bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat Covid 19 ini tengah disiapkan.

"Belum duduk di TAPD, sedang penggodokan anggaran," ujar Napisman belum lama ini. 

Sementara untuk penerima disampaikan Napisman, wacana ada warga yang masuk data terpadu ada yang tidak masuk. Pemkab katanya masing terus mengumpulkan fakta dan data dilapangan seperti apa kebijakan yang akan diambil untuk penerima ini nantinya.

"Untuk penganggaran komitmen pak Bupati seperti itu," kata Napis.

Kemudian untuk jumlah penerima kata Napis, asumsi ada sekitar 20 ribu KK lebih. Kapan akan disalurkan ini juga belum tahu. "Data penerima belum final tapi komitmen pemerintah terhadapan penganggaran itu final," tegasnya.

-->