Mushola Al-Falah Desa Damai Miliki Tanah: Terimakasih Pak Masuri

Musala-Al-Falah.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINEBENGKALIS -Musala Al-Falah termasuk salah satunya Mushola yang ada di Kecamatan Bengkalis dibangun atas kemandirian warga sekitar. Termpat bagi warga melaksanakan ibadah serta melakukan kegiatan agama itu terletak di Jalan lintas Desa Damai, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Mushola yang dibangun sekitar 25 tahun silam, memiliki bangunan sekitar 6x9 meter dengan halaman yang cukup untuk meletakan beberapa kendaraan. Namun, bagi warga setempat tekat untuk memakmurkan mushola sangat tinggi, terlihat kegiatan keagamaan seperti wirid yasin, magrib mengaji dan didikan subuh masih aktif berjalan dan dilaksanakan di musola tersebut.

Bangunan yang awalnya dibangun menggunakan papan tersebut, kini disulap menjadi bangunan beton dengan atap berwana biru juga terealisasi atas swadaya dan sumbangan infak warga RT 01/RW 01 Dusun Sei Gelam, Desa Damai Kecamatan Bengkalis.

Luas lahan Mushola yang kecil membuat mushola itu sulit diperluas, Namun dengan kesepakatan para tokoh dan pemuka Desa Damai bertekat memperluas mushola mengingat jumlah jamaah seklalu bertambah tiap tahunnya. Apalagi saat  hari ke

"Kita warga Desa Damai inipu berinisiatif memperluas untuk membeli tanah yang berada disamping mushola ini. Tentunya, dengan iuran warga serta infak jamaah yang selama ini kita kumpulkan," kata Bambang Suryanto, Selasa 14 April 2020 petang di Mushola Al-Falah di Desa Damai,

Bambang Suryanto juga merupakan tokoh Desa Damai menambahkan bahwa mushola digunakan oleh warga setempat terdiri dari dua RT sebanyak 50 kepala keluaraga. Namun, secara swadaya, pihaknya memiliki keterbatasan sehingga dana yang diperlukan tidak tercapai untuk membeli tanah mushola tersebut.

Namun, alangkah senangnya warga setelah sekian lama mengumpulkan dana secara swadaya warga tersebut, kekurangan dana untuk membeli tanah mushola dibantu oleh pengusaha bengkalis, Masuri SH. Dari dana yang diperlukan sebesar Rp 24.000.000,- sebagai penganti kerugian tanah untuk mushola hanya terkumpul Rp. 13,000,000.

"Alhamdulillah, sisianya sekitar Rp 11.000.000, dibantu oleh Pak Masuri. kami ucapkan terimaksih berkat bantuannya Mushola kami ini sudah memiliki lahan tanah yang lebih luas, InsyaAllah kedepanya akan kita tingkatkan lagi guna kegiatan warga dalam beribadah dan kegiatan kegiatan agama lainya," kata Bambang Suryanto semberi menyebut belum mengenal sosok penderma, karena bantuan diberikan melalui rekanya Masuri yang kerap disapa Bagong itu.

-->