Banyak Warga dan Mahasiswa Pulang Kampung, ODP di Kuansing Tembus 1.033 Orang

WASAPADA-VIRUS.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Banyaknya warga dan mahasiswa pulang kampung balik ke Kuansing menjadi penyebab jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus meningkat.

Berdasarkan data siaga Covid 19 Kabupaten Kuansing yang diupdate per-1 April 2020 sampai pukul 08.00 WIB pagi tadi, jumlah ODP di Kuansing sudah tembus diangka 1.033 orang.

"Per-1 April jumlah ODP 1.033," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi yang juga juru bicara Pemkab Kuansing penanganan Covid 19, Rabu, 1 April 2020.

Helmi mengatakan naiknya jumlah ODP di Kuansing disebabkan banyaknya warga dan mahasiswa yang pulang ke kampung halaman. "Ini langsung kita masukan kedalam ODP dan kita minta mereka yang ODP ini menjalani isolasi mandiri selama 14 hari," katanya.

Jumlah ODP tersebut kata Helmi sejak ditetapkannya Kuansing siaga darurat virus corona. Dimana sebelumnya Pemkab Kuansing telah menetapkan status Kuansing menjadi siaga darurat corona (Covid 19) terhitung sejak Kamis, 19 Maret 2020 lalu.

Terkait data terbaru ada 1 PDP yang berstatus masih dirawat, dijelaskan Helmi, sebenarnya hasil labor kemarin 1 PDP asal Kuansing ini sudah dinyatakan negatif Covid 19. "Dirawat dengan penyakit lain, penyakit jantung," jelas Helmi.

Sebelumnya terang Helmi, pasien tersebut sudah sembuh dan kita juga sudah minta petugas kita untuk merobah data tersebut. "Penyakit utamanya kan jantung, memang sudah penyakit lama," terangnya.

Kebetulan warga tersebut pernah pingsan di bandara dan dibawa petugas dirawat disalah satu Rumah Sakit (RS) di Pekanbaru. "Karena waktu itu tengah dalam status siaga corona, maka dianggap suspect. Tapi sebenarnya bukan suspect tapi penyakitnya jantung," pungkasnya.

Kemudian dari tabel data siaga covid 19 di Kuansing berdasarkan sebaran umur paling banyak berstatus ODP adalah usia 12-25 tahun berjumlah 511, kemudian usia 26-45 tahun sebanyak 254, usia 46-65 tahun sebanyak 175, usia 0-5 tahun sebanyak 38, usia 5-11 tahun sebanyak 34 dan usia 65 tahun sebanyak 21.

-->