Tim Gugus Tugas Covid-19 Pelalawan Semprot Disinfektan Secara Massal

disinfektan-pelalawan.jpg
(istimewa)

Laporan: RISKI APDALLI

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - Gabungan Tim Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kabupaten Pelalawan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona virus disease 2019 (Covid-19) atau virus korona, Selasa 31 Maret 2020.

Adapun titik lokasi penyemprotan disebar secara serentak di 12 kecamatan se-kabupaten Pelalawan yakni di jalan protoker, tempat umum, tempat ibadah, dan pemukiman warga.

"Kita kerahkan sebanyak 400 orang personill kepolisian dan TNI AD, Satpol PP, pihak perusahaan dan tokoh masyarakat, serta relawan. Untuk melakukan penyemprotan secara serentak," ujar Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risohandua SIK, MSi, kepada Wartawan, usai melepas tim penyemprot tersebut.

Lanjut Kapolres, selain penyemprotan di kota Pangkalan Kerinci, seluruh jajaran Polsek bersama unsur pimpinan Kecamatan juga mengelar penyemprotan secara massal, hingga upaya pencegahan Covid-19 dapat dilakukan secara maksimal.

Sementara itu, Bupati Pelalawan, HM Harris mengungkapkan penyemprotan disinfektan dilakukan secara serentak di 12 kecamatan yang ada di kabupaten Pelalawan dengan mengerahkan seluruh Camat, Lurah, Kades, RW, dan RT, untuk turun.

"Kita sudah menginstruksikan seluruh jajaran camat hingga ke tingkat RT, untuk mendata warganya, terutama mengenai warga yang baru datang dari daerah zona merah. Kalaua ada, dibawa langsung ke Puskesmas agar dilakukan pengecekan suhu," ungkap Bupati Harris.

Di kabupaten Pelalawan, terangnya, belum ada warganya yang positif Covid-19, tetapi upaya antisipasi dan pencegahan terus dilakukan secara maksimal oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Pelalawan.

Pada kegiatan gabungan tim gugus tugas tersebut, juga didukung oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Perusahaan ini menyediakan truk penyiram cairan disinfektan berkapasitas 30 ribu liter, 2 unit mobil double kabin kapasitas 1.000 liter, personil pemadam 12 orang, dan peralatan pompa air ministriker.

"Kita selalu berkoordinasi dengan Pemerintah, Polres, dan Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Pelalawan untuk melaksanakan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut. Kita berharap virus ini bisa diatasi dan situasi segera normal," pungkas GM WLS RAPP, Matius Ewanto, kepada RiauOnline.co.id.

Tampak hadir tim gugus tugas Covid-19 Pelalawan dalam gelar pasukan penyemprotan massal itu, Kepala Kejaksaan Nophy Tennophero South, Ketua PN Bambang Setyawan, Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi yang juga langsung turun memantau penyemprotan massal dengan mengerahkan armada milik Pemkab Pelalawan dari mobil Satpol PP dan Damkar, mobil waterkanon Polres Pelalawan, serta mobil damkar perusahaan.***

-->