Satu Orang Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh tapi Jumlah ODP Melonjak Tinggi

corona-ekspos.jpg
(riauonline)
RIAU ONLINE, PEKANBARU-Data jumlah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Riau  terus meningkat. Hingga Senin 30 Maret 2020 Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatat jumlah Orang Dalam Pemantuan (ODP) mencapai 10.678 orang.  
 
Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Riau juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 105 orang PDP. 74 diantaranya masih dirawat, kemudian 30 orang sudah sembuh dan sudah pulang ke rumahnya masing-masing, dan satu orang meninggal dunia.
 
Sedangkan untuk kasus pasien positif ada dua orang. Namun satu orang sudah dinyatakan sembuh dan sudah pulang ke rumah. Sehingga pasien positif yang saat ini masih dirawat tinggal satu orang lagi.
 
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan, tingginya lonjakan Orang Dalam Pemantuan (ODP) di Provinsi Riau terjadi akibat banyaknya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari  luar negeri, khususnya dari Malaysia yang pulang ke Riau. 
 
Seluruh TKI dari Malaysia yang kembali ke Riau tersebut llangsung ditetapkan sebagai ODP sehingga angkanya pun mengalami peningkatan drastis. Tidak hanya dari luar negeri, namun dari daerah di Indonesia yang sudah banyak kasus Covid-19nya maka warga tersebut langsung masuk dalam daftar ODP.
 
"Tidak hanya TKI yang baru pulang dari Malaysia, tapi warga Riau yang baru pulang dari Jakarta juga kita tetapkan sebagai ODP. Makanya sekarang terjadi lonjakan jumlah ODP karena banyaknya warga Riau yang baru pulang dari Jakarta dan Malaysia. Mereka diisolasi selama 14 hari, sehingga mereka tidak berinteraksi dengan khalayak ramai, yang kita khawatirkan jika diantaranya mereka ini ada yang positif bisa menular ke banyak orang," ujarnya.  (*)

-->