Dinas Kesehatan Bengkalis Karantina 81 WNI Dari Malaysia

tki.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Puluhan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia yang pulang melalui jalur Tanjung Balai Karimun, tiba di Bengkalis, Senin 23 Maret 2020, di Pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL), Jalan Sudirman, Kota Bengkalis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, dr Ersan Saputra mengatakan sebanyak 81 penumpang dari Malaysia ini akan langsung dikarantina. Pemkab katanya, telah menetapkan asrama Diklat sebagai lokasi karantina.

"Sesuai dengan hasil rapat, warga kita yang baru pulang dari daerah terjangkit Malaysia akan kita karantina. Mereka akan melalui protap penanganan Covid-19," kata Ersan.


Ersan menyebut, para penumpang akan melalui rangkaian proses administrasi, pengecekan kesehatan, dan juga pengukuran suhu.

"Selanjutnya, mereka akan kita bawa menuju asrama diklat," ujarnya.

Sedangkan, pihaknya beserta tim medis juga sudah mempersiapkan asrama Diklat untuk menampung para warga tersebut.

Hal itu dilakukan, lanjut Ersan sesuai protap. Mereka yang baru pulang dari Malaysia tersebut akan menjalani proses karantina selama 14 hari. Selama itu, mereka tidak bisa dikunjungi oleh siapapun, kecuali ada izin tertulis dari pihak dokter.

Informasi dirangkum, tiga unit bus telah disiapkan untuk membawa para penumpang menuju asrama Diklat di Desa Kelapapati. Tampak aparat kepolisian melakukan pengawalan secara ketat untuk memastikan semua berjalan lancar.