Aktual, Independen dan Terpercaya


Gubernur Minta Warga Riau Tak Risau Soal Dana Penanganan Covid-19

gubri-pantau-banjir.jpg
(istimewa)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan menggunakan Dana Tidak Tetap (DTT) sebesar Rp 11 miliar untuk penanganan virus corona di Riau.
 
Anggaran tersebut sudah dialokasikan di APBD Riau 2020. Sehingga sewaktu-waktu jika dibutuhkan Pemprov Riau siap untuk mencairkan dana tersebut untuk penanggulangan virus corona atau covid-19.
 
"Dana kita sudah ada, kita punya dana Rp 11 miliar untuk di Riau," kata Gubernur Riau, Syamsuar, Rabu 18 Maret 2020. 
 
Dengan tersedianya anggaran DTT sebesar Rp 11 miliar tersebut, Gubri mengaku tidak merasa risau. Sebab anggaran tersebut bisa digunakan untuk penanganan wabah covid -19 di Riau. 
 
"Kalau masalah dana tidak usah risau, karena itu sudah jadi tanggungjawab pemerintah pusat dan pemerintah daerah," kata Syamsuar. 
 
Ia mengungkapkan, anggaran untuk penanganan Covid-19 yang bersumber dari APBD sudah sesuai dengan arahan dan petunjuk dari menteri keuangan dan Mendagri. Sehingga pihaknya tidak ragu untuk menggunakan dana tersebut jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
 
"Itu sudah ada petunjuk dari Kementrian keuangan. Mendagri juga sudah memberikan petunjuk. Jadi soal dana tidak usah risau, biar kami yang menyelesaikanya," ujarnya. 
 
Namun untuk menggunakan dana tersebut pihaknya akan tetap berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah pusat, khususnya adalah kepala satuan gugus tugas Covid19. 
 
"Sesuai arahan pak presiden dalam mengambil kebijakan terkait penanganan virus corona ini harus konsultasi dengan kepala satuan gugus tugas, tidak bisa kebijakan kita sendiri di daerah, karena kita ini Indonesia," katanya.