Aktual, Independen dan Terpercaya


Malaysia Lockdown, Mahasiswa dan TKI Asal Riau Diminta Jaga Diri Baik-baik

Indra-Gunawan-Eet.jpg
(Indra Gunawan Eet/Riau Online)
RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet menghimbau kepada masyarakat Riau yang ada di Malaysia untuk bisa menjaga diri baik-baik dari bahaya virus Corona yang sudah menelan korban di Malaysia.
 
Politisi yang kerap disapa Engah Eet ini mengingatkan baik mahasiswa yang sedang menempa ilmu di Malaysia maupun Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Riau yang disana untuk tidak berkumpul di tempat keramaian.
 
"Ini kan peraturan antar negara, jadi kita harus terima. Intinya, jaga diri baik-baik saja disana, jangan ikut-ikut ke tempat yang ramai," kata alumni Universitas Selangor ini, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Lebih jauh, lockdown ini diberlakukan hanya dua minggu saja terhitung sejak kemarin, artinya masyarakat Riau yang ada disana untuk bersabar sebentar hingga kebijakan lockdown usai.
 
"Ini kan cuma sebentar, tapi kalau lama sampai setahun baru kita upayakan bagaimana penjemputannya," tuturnya.
 
Sebelumnya, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memutuskan untuk menghentikan sementara penerbangan dari Riau ke negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia. Penutupan akses penerbangan kedua negara tersebut terpaksa dilakukan menyusul semakin meluasnya virus corona di sejumlah negara termasuk di Indonesia dan kedua negara tetangga tersebut.
 
"Tadi sudah saya intruksikan kepala Dinas Perhubungan, sudah kita stop saja (penerbangan dari Riau ke Malaysia dan Singapura). Tidak ada lagi penerbangan ke sana,"kata kata Gubernur Riau, Syamsuar, Selasa 17 Maret 2020.
 
Upaya penghentian penerbangan dari Riau ke Malaysia dan Singapura merupakan salah satu kebijakan yang diambil oleh Gubri untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Riau. Sebab dari hasil pendataan sementara, pasien suspek corona yang dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Riau sebagian besar mereka melakukan perjalanan ke Malaysia.