Komisi III Dorong Bapenda Tingkatkan PAD

komisi-III-sofyan.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi III DPRD Riau, Sofyan Sirodj meminta kesungguhan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terus menurun.

Politisi PKS ini menegaskan, ada banyak aset yang sebenarnya bisa dimaksimalkan oleh Pemprov Riau namun sampai hari ini belum ada inovasi Bapenda dalam mengembangkannya.

Dicontohkan Legislator asal Pekanbaru ini, sangat banyak aset di Pekanbaru yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan cuan, seperti Stadion Utama Riau, Gelanggang Remaja dan Lapangan Purna MTQ.

Di mana, dalam Peraturan Daerah (Perda) di Riau disebutkan bahwa Pemprov Riau bisa mengutip parkir di kawasan aset yang dimiliki Pemprov.

Kecuali, kawasan parkir tersebut memakan badan jalan, barulah itu merupakan hak dari Pemko Pekanbaru.

"Parkir itu salah satu semangat kita mencari PAD baru. Kami ini demi kesejahteraan masyarakat, selagi itu halal, baik dan sesuai konstitusi akan kita susuri semua sampai Riau ini berjaya," tegasnya, Selasa, 11 Februari 2020.

Komisi III, sambung Sofyan merupakan roh DPRD Riau karena bagaimanapun besar atau kecilnya anggaran sangat ditentukan oleh kinerja dari komisi III ini. Sehingga DPRD Riau bersungguh-sungguh bekerja dan tidak main-main.

"Kami kebetulan baru pulang dari Surabaya, di sana Bapenda nya sangat inovatif. Nanti kita akan panggil Bapenda untuk belajar itu, termasuk juga pajak tunda bayar dari pusat, ternyata ada yang dilalaikan oleh Pemprov Riau," tuturnya.

DPRD Riau, lanjutnya, dipilih langsung oleh rakyat dan disumpah. Artinya, semua yang dikerjakan oleh DPRD Riau akan dipertanggungjawabkan nantinya dunia akhirat.

"Makanya Bapenda jangan main-mainlah, kita sungguh-sungguh bekerja untuk ini (meningkatkan PAD)" tutupnya.