Aktual, Independen dan Terpercaya


Calon PPK Kuansing Diminta Persiapkan Diri Hadapi Tes Wawancara

kpu-kuansin.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau meminta kepada 150 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dinyatakan lulus tes tertulis untuk mempersiapkan diri sebelum menghadapi tes wawancara.

Sesuai tahapan, KPU Kuansing akan menggelar tes wawancara selama lima hari mulai 8 - 11 Februari 2020. Lokasi tes wawancara sendiri akan digelar di kantor KPU Kuansing.

"Kita minta semua calon anggota PPK untuk mempersiapkan diri dari sekarang," ujar Ketua KPU Kuansing, Irwan Yuhendi ketika dihubungi Riau Online, Rabu, 5 Februari 2020.

KPU Kuansing juga sudah memberi ruang kepada masyarakat Kuansing untuk menyampaikan tanggapan terhadap calon peserta yang lulus tes tertulis. Tanggapan tersebut dibuka sejak 28 Januari - 5 Februari 2020.

"Sampai Rabu pagi tadi belum ada tanggapan dari masyarakat," kata Irwan.

Kemudian untuk jadwal tes wawancara nanti setiap harinya akan ada tiga kecamatan atau 30 calon anggota PPK yang akan dilakukan tes wawancara oleh KPU. "Setiap hari jadwalnya tiga kecamatan," kata Irwan.

Sementara Komisioner KPU Kuansing Wigati mengatakan, sebelum pelaksanaan tes wawancara nanti KPU Kuansing rencananya akan melakukan rapat terlebih dahulu.

"Sekarang baru siap melakukan koordinasi di Pekanbaru, untuk materi tes wawancara nanti tidak lepas dari materi tes tertulis kemarin," jelas Wigati.

Materi tes wawancara katanya tentu tidak akan terlepas tentang pelaksanaan Pemilu, tugas dan fungsi PPK itu sendiri serta tentang integritas dan independensi saat menjalankan tugas nantinya.

"Secara garis besar itu, nanti akan ada rapat di kantor, setelah rapat pasti akan kita sampaikan kalau ada poin tambahan nanti," katanya.

Dari 10 calon anggota PPK disetiap Kecamatan yang lulus tes tertulis kemarin, hanya lima nantinya yang akan diambil menjadi calon anggota PPK. Hasil tes wawancara ini akan sangat menentukan untuk lulus menjadi anggota PPK.