Enam Mahasiswa di Wuhan Dapat Bantuan Rp60 Juta dari Pemprov Riau

Gubernur-Riau-Drs-Syamsuar-MSi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/DISKOMINFOTIK)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Enam mahasiswa asal Riau yang terisolir di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Keenam mahasiswa yang tengah menimba ilmu di wilayah yang saat ini sedang dilanda wabah virus corona ini mendapat bantuan dari Pemprov Riau.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Riau, Syahrial Abdi, Rabu 29 Januari 2020 mengatakan, enam mahasiwa Riau yang terisolasi di Wuhan, China akibat wabah virus corona mendapatkan dana bantuan sosial tak terencana berupa uang senilai Rp10 juta.

Dana bantuan sosial tak terencana tersebut, sudah ditransfer tadi malam pada pukul 01.00 dini hari, melalui Bank Riaukepri ke Bank China.

"Sudah tadi malam ditransfer melalui Bank Riaukepri ke Bank China. Nilainya masing-masing mendaptkan bantuan dana Rp10 juta," katanya.

Uang bantuan sosial tak terencana sebesar Rp 10 juta tersebut, langsung diterima melalui rekening masing-masing. Diharapkan, dengan kondisi keterisolasian yang diberlakukan pemerintah China, untuk menangkal penyebaran virus mematikan tersebut, dapat mengurangi beban mahasiswa Riau di Wuhan.

"ini tentu bentuk keprihatinan pak Gubernur Riau. Makanya, begitu setelah dipastikan soal kondisi dan pertimbangan kemanusiaan, pak Gubernur perintahkan mencairkan dana bantuan kepada enam mahasiswa Riau di Wuhan," ujarnya.

Pihaknya memastikan penyaluran bantuan tidak terencana tersebut sudah sesuai aturan. Sebab sebelum bantuan tersebut disalurkan sudah dilakukan kajian oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Yakni Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kesehatan (Diskes) dan Dinas Sosial (Dinsos). Tiga OPD ini terlebih dahulu memberikan rekomendasi sebagai syarat dari pencairan.

Sementara salah seorang mahasiswa asal Riau yang saat ini berada di Wuhan, Rio Alfi mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Riau yang sudah memberikan bantuan kepada dirinya dan kelima rekannya sesama mahasiswa di Wuhan.

Melalui akun media sosialnya, Rio menuliskan ucapan terimakasih kepada Gubernur Riau, Syamsuar, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya, Biro Kesra, Masrul Kasmy, Kadiskes Mimi Yuliani, Kadinsos Dahrius Husin, serta Kadis Pendidikan Rudiyanto.

"Yang telah memberikan dana bantuan sebesar Rp 60 juta kepada putra-putri Riau yang saat ini masih terisolasi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok akibat virus corona," tulis Rio melalui akun medsosnya. (*)