Kenang Kejayaan Sungai Siak, Syamsuar Minta Rumah Menghadap Sungai

syamsuar.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar meminta masyarakat kota Pekanbaru bisa melestarikan sungai Siak yang merupakan kawasan perdagangan terkenal pada masa lampau.

Hal tersebut disampaikan Syamsuar saat memberikan kata sambutan dalam kenduri yang ditaja oleh Pekanbaru Heritage Walk dan Sikukeluang tepat di tepian Sungai Siak Sabtu malam, 28 Desember 2019.

Mantan Bupati Siak dua periode ini, mengapresiasi kegiatan ini, di mana acara tersebut mengingatkan Riau akan padat dan majunya aktivitas perdagangan kampung bandar pada zaman dahulu.

Untuk itu, Syamsuar berharap agar masyarakat setempat maupun masyarakat Pekanbaru pada umumnya bisa mengembalikan fungsi sungai sebagai sumber kehidupan.

“Usahakan rumah menghadap ke sungai, jangan buang sampah ke sungai dan jaga kebersihan kota dan sungai," kata Syamsuar.

Syamsuar juga berharap Pemerintah Kota dapat turut merangkul komunitas mandiri Pekanbaru Heritage Walk agar ke depan ada area heritage yang dapat menjaga bangunan bersejarah.

Salah satu anggota PHW, Danny berharap ke depan Pemerintah dapat turut membangun kembali sebuah rumah berusia 200 tahun lebih yang beberapa tahun lalu terkena musibah kebakaran, tentunya dengan melibatkan beberapa saksi kunci dan para ahli.

Saat ini bangunan tersebut hanya meninggalkan tonggak batu bawah rumah.

Rangkaian acara ini sendiri dimulai pada pagi hari dengan kegiatan menggambar bersama anak dan acara puncak pada malam hari disuguhi dengan penampilan musik akustik yang panggungnya merupakan dermaga serta berlatar jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah.

Pengunjung yang hadir turut menikmati santapan yang dimasak oleh masyarakat sekitar secara gotong royong.


Acara serupa juga sering dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat sekitar, dan sejauh ini sudah berhasil merubah wajah kampung bandar menjadi tempat destinasi wisata tengah kota,