Marwan Yohanis: Kita Harap Pilkada Jadi Ajang Silaturahmi

marwan-yo.jpg
(hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau asal Kuantan Singingi, Marwan Yohanis meminta seluruh bakal calon yang ingin bertarung di Pilkada serentak 2020 mendatang bisa melakukan pendidikan politik kepada masyarakat.

Politisi Gerindra ini mengakui, politik sekarang berbeda dengan politik zaman dulu, dimana setiap pemilihan masyarakat yang menghendaki namun sekarang calonnya yang ingin maju.

"Kalau sekarang, kita ini yang ingin berebut maju, akibatnya berbagai cara dilakukan dan tentunya ada regulasi yang mengatur. Jangan sampai ada politik identitas, politik wilayah dan lainnya. Karena kita mencari pemimpin semua kalangan, bukan satu golongan, khususnya untuk di wilayah Kuansing," kata mantan ketua DPD Gerindra Riau ini, Jumat, 20 Desember 2019.

Ditambahkannya, para bakal calon jangan sampai mencederai nilai-nilai demokrasi dan melukai hati masyarakat dengan kecurangan. Para bakal calon harus melakukan komunikasi yang baik dan menjual visi misi kepada masyarakat.

Apalagi, jika ada yang melakukan penggiringan opini dan berdampak pada politik identitas dan wilayah.

Kemudian, setelah Pilkada berlangsung ia berharap para calon ini bisa saling berangkulan seperti yang sudah dicontohkan oleh Prabowo dan Jokowi. Dimana, Jokowi memberi kesempatan pada Prabowo untuk membangun Indonesia.

"Pemilu ini kan kadang menciptakan kotak-kotak, pihak yang kalah belum move on dan yang menang belum mengayomi. Makanya kita harap pilkada jadi ajang silaturahmi. Yang menang rangkul yang kalah, kalau perlu adopsi program kampanye yang kalah ini," tutupnya.