Gubri Syamsuar Tinjau Korban Banjir di Kuansing

gubri-pantau-banjir.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, KUANSING - Mengenakan pakaian seragam dinas warna coklat dan sepatu boot, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menerobos genangan air setinggi lutut orang dewasa saat meninjau banjir di Kabupaten Kuansing, Selasa 17 Desember 2019. Mantan bupati Siak dua priode ini pun terlihat akrab menyapa warga yang rumahnya terendam banjir.

Salah satu desa yang dikunjungi oleh Gubri Syamsuar adalah Desa Pulau Kumpai, Kecamatan Pangean, Kuansing. Di wilayah yang dikunjungi Gubri Syamsuar ini setidaknya ada 1.912 KK yang terendam banjir. Tidak hanya merendam rumah warga saja, namun sejumlah fasilitas umum, seperti jalan desa, rumah ibadah serta sarana pendidikan juga ikut terendam banjir.

Selain mengunjungi masyarakat yang menjadi korban banjir, rombongan Gubri yang terbang dari Pekanbaru dengan menggunakan helikopter ini juga sempat menyapa siswa yang sekolah terendam banjir. Sekolah yang dikunjungi oleh Gubri bersama rombongan adalah SD Negeri 017 dan SMP Satu Atap Kecamatan Pagean, Kuansing.

Selain mengunjungi siswa yang sekolahnya terendam banjir, Gubri Syamsuar bersama rombongan juga melihat langsung kondisi banjir di sejumlah wilayah di Kuansing. Syamsuar juga mengecek langsung tenda pengungsian yang ada wilayah tersebut.

Tidak hanya itu, Syamsuar menyerahkan bantuan logistik berupa perlengkapan bayi, selimut, paket sandang, matras, perlengkapan sekolah, obat-obatan, biskuit ibu hamil dan balita, dari Pemprov Riau.

"Ini merupakan kepedulian Pemprov Riau terhadap masyarakat yang terkena musibah banjir, sehingga bisa mengurangi beban sehari-hari," ujar Syamsuar disela kunjunganya saat meninjau banjir di Kuansing. (*)