Luapan Sungai Kuantan Bagian Hulu Masih Bertahan, Puluhan Desa Terandam Banjir

banjir-rendam-rumah-warga-kuansing.jpg

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kondisi terkini luapan Sungai Kuantan hingga pukul 09.00 WIB terutama di bagian Hulu di Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau air masih bertahan dan hanya sedikit surut.

Banjir di Kabupaten Kuansing sudah memasuki hari ketiga, Rabu, 11 Desember 2019. Di mana Sungai Kuantan mulai meluap terjadi sejak Senin, 9 Desember 2019.

Data sementara dari beberapa Kecamatan ada ribuan rumah dan ratusan hektar lahan pertanian terdampak oleh banjir luapan Sungai Kuantan.

Hingga kini banjir luapan Sungai Kuantan masih merendam puluhan desa di beberapa Kecamatan yang berada dibantaran Sungai Kuantan.

Camat Hulu Kuantan Azizman mengatakan, kondisi air di bagian hulu memang tengah bertahan dan hanya sedikit sekali surut.

"Kondisinya sekarang hanya diam bertahan dan hanya sedikit surut," kata Azizman, Rabu, 11 Desember 2019 pagi.

Sementara informasi yang diterimanya diwilayah Sumatera Barat intensitas hujan masih tinggi. Aziz berharap air Sungai Kuantan bisa secepatnya surut.

"Kita dapat kabar kalau di Sumbar intensitas hujan masih tinggi, kalau sekarang kondisi air memang tidak menambah dari hari sebelumnya, kita berharap ini cepat surut," ujar Azizman.

Berada di Kecamatan paling ujung di Kabupaten Kuantan tepatnya di bagian hulu Sungai Kuantan, Aziz akan terus memantau pergerakan air Sungai Kuantan.

"Kita akan terus beri informasi bagaimana kondisi air di bagian hulu, mudah-mudahan bisa cepat surut," katanya.

Sementara informasi di bagian hilir kabarya air Sungai Kuantan cepat naik sejak Selasa tengah malam.

"Tengah malam tadi air cepat naik, sekarang masih sedikit naik," ujar Andi warga Kecamatan Inuman, Rabu, 11 Desember 2019.

Masyarakat di bagian hilir katanya masih terus menunggu informasi dari bagian hulu bagaimana kondisi air.

"Kalau daerah seberang Inuman ini merata terdampak banjir, ketinggian air ada yang mencapai 2 meter di beberepa lokasi," pungkasnya.