Aktual, Independen dan Terpercaya


Aksi Pemadaman 5 Hekatare Lahan di Bukik Cokiak Berlangsung Hingga Dinihari

kebakaran-malam.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Mengetahui ada lahan yang terbakar di daerah Bukik Cokiak Kalurahan Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Sabtu 12 Oktober 2019 malam selepas magrib.

Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto, SIK langsung turun memimpin upaya pemadaman. Kapolres tidak sendiri, ia didampingi Kasat Reskrim AKP Andi Cakra Putra, S.I.K, Kapolsek Singingi AKP Suptiyanto, Kanit Patroli Sabhara Ipda Jumario dan KBO Reskrim Iptu Faizal Aliza.

Pemadaman terhadap lahan yang terbakar juga melibatkan sebanyak 15 personil dari Polres dan Polsek Singingi. Kemudian dibantu anggota TNI Koramil 09 Singingi serta masyarakat sekitar.

Dengan menggunakan alat seadanya, personil bersama masyarakat sekitar berjibaku untuk memadamkan api. Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran juga diturunkan untuk memadamkan api.

Api baru dapat dipastikan padam pada Minggu 13 Oktober 2019 sekitar pukul 03.30 WIB dinihari. Setelah dilakukan upaya pendinginan terhadap lahan yang terbakar sekitar pukul 23.00 WIB malam.

Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto melalui Kasat Reskrim AKP Andi Cakra Putra mengatakan luas lahan yang terbakar sekitar 5 hektar. Lahan yang terbakar tersebut merupakan lahan kebun karet dan semak belukar.

"Malam itu juga dilakukan kegiatan pendinginan terhadap lahan yang terbakar. Sementara penyebab kebakaran sendiri masih kita lakukan penyelidikan," ujar Kasat Reskrim.

Kasat mengaku terbantu karena saat kegiatan pendinginan ada turun hujan gerimis, sehingga proses pendinginan terhadap lahan yang terbakar bisa dengan cepat.

Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Kuansing mari bersama-sama mengawasi lahan yang dimiliki supaya terhindar dari kebakaran. Kapolres juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan.

"Sekarang musim kemarau, mari kita jaga lahan kita supaya tidak terbakar. Saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi lahan yang ada baik itu kebun maupun lahan kosong agar jangan sampai terbakar," imbau Kapolres seperti disampaikan Kasat Reskrim.