Serikat Tolong Menolong Karyawan RAPP Budayakan Sedekah

SERIKAT-TOLONG-MENOLONG-RAPP.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - Berbagi dan menolong sesama merupakan perbuatan mulia. Banyak wadah dibentuk untuk menghimpun berbagai keperluan sosial untuk meringankan beban orang lain. Sebagaimana halnya karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui Serikat Tolong Menolong (STM) Riau Kompleks yang terus membantu keluarga karyawan dan warga sekitar operasional yang membutuhkan biaya untuk berobat medis dan herbal.

Ketua STM Riau Kompleks Meyli Marlina, organisasi ini didirikan sejak tahun 2010 yang berawal dari membantu seorang anak bernama Farida Hanum, warga Pangkalan Kerinci yang terkena tumor perut. Farida mengalami kesulitan biaya berobat pada saat itu.

"Waktu itu karyawan berinisiatif mengumpulkan dana untuk membawa anak ini berobat. Dana terkumpul sekitar Rp 70 juta. Namun, Sebelum dana tersebut habis dipakai, Tuhan memanggil Farida," ujar Meyli pada saat Mubes ke-2 STM bertema 'Mari Kita Budayakan Semangat Indahnya Bersedekah dengan Ikhlas untuk Membantu Bersama'.

Kemudian, Meyli melanjutkan biaya untuk berobat Farida masih tersisa sekitar Rp 40 juta. Terinspirasi dari teori sedekah, sederhana namun terbukti mampu menggerakkan sesuatu dengan luar biasa, akhirnya terbentuk STM karyawan Riau Kompleks.

"Perusahaan mendukung dengan melipat gandakan setiap rupiah yang disumbangkan karyawan. STM ini memberikan bantuan kepada setiap yang membutuhkan bantuan, mengakomodir bantuan medis maupun herbal dan terus memperluas cakupan," tutur Meyli.

Mill Complex HR Head RAPP, Fahrizal Tampubolon mengatakan perusahaan sangat mendukung penuh gerakan inisiatif karyawan ini. Ia sangat mengapresiasi langkah positif para karyawan yang peduli sesama, walaupun saat ini perusahaan memiliki asuransi terbaik untuk karyawan dan keluarganya sesuai aturan yang berlaku.

“Meskipun ada asuransi, tapi tentu ada ketentuannya, semua asuransi seperti itu, nah bagaimana kita menutup celah keterbatasan ini, STM mengambil peran untuk menutupinya. Perusahaan mengucapkan terima kasih atas kesukarelawanan karyawan yang tergabung dalam STM membantu sesama. Mari kita nikmati bersedekah dengan ikhlas, sebagaimana yang diyakini Founder kita, the more you give the more you have," tutup Fahri. (rls)